PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS XII IPS 4 SMA N 1 PULAU PUNJUNG

Asmiar Asmiar

Sari


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa  menggunakan pembelajaran kooperatif tipe JIG SAW.  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus diadakan dua kali pertemuan.  Tiap pertemuan dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jig Saw (Tim Siswa Kelompok  Asal dan Ahli).  Sebagai alat pengumpul data adalah lembar observasi yang diisi oleh observer, dengan langkah-langkah perencanaan tindakan, pelaksanan tindakan, evaluasi dan refleksi untuk setiap siklus.Penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan Tipe JIGSAW telah mampu meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hasil aktivitas positif belajar siswa yang diperoleh pada siklus pertama tergolong cukup yaitu 61,25 % dan pada siklus kedua terjadi kenaikan aktifitas positif belajar sebesar 16,25 %, sehingga pada siklus kedua sebesar 77,50 %. Untuk kedua hasil aktifitas negatif belajar siswa yang diperoleh pada siklus pertama tergolong cukup yaitu 14,58 % dan pada siklus kedua terjadi penurunan aktifitas negatif belajar sebesar 10,41%, sehingga pada siklus kedua aktifitas negatif sebesar 4,17 %.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Jigsaw


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darsono, Max. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Hartono Kasmadi, 1995. Pemahaman Tentang Pengajaran Individu. Dalam Lembaran Pengetahuan IKIP Semarang Edisi Khusus 1995 Lustrum VI, hal : 32. IKIP Semarang Press. Semarang.

Kean. Elizabeth , Catherine Middlecamp. 1985. Panduan belajar Matematika dasar .

Krismanto . 2003. Beberapa teknik, model dan strategi dalam pembelajaran matematika, PPPG Matematika. Yogyakarta.

M. Ngalim Purwanto. Psikologi Pendidikan Bandung: Remaja Rosda Karya,1998,cet ke 14 hal. 84.

Rahadi, Ansto. 2003. Media Pembelajaran Jakarta : Dikjen Dikti Depdikbud

Whittaker, James O. 1966. An introduction to psychology. Philadelphia, 1966, viii, hal. 224.

Winkel, W. S. 2005. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v6i1.1330

Article Metrics

Sari view : 155 times
PDF - 118 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter