PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICI UNTUK PERBAIKAN MISKONSEPSI DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA

Ngakan Ketut Tresnabudi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki miskonsepsi dan hasil belajar Fisika pada kelas IX IPA semester ganjil di SMA N 1 Tampaksiring Bali tahun ajaran 2016/2017 dengan menngunakan metode ICI (Interactive Conceptual Interaction) berbantuan lembar kerja siswa (LKS) berbasis lingkungan dengan eksperimen dan menggunakan metode demonstrasi serta observasi. Lembar kerja siswa dan tes objektif tersebut digunakan untuk mengukur minkonsepsi dan kognitif siswa serta lembar kerja observasi untuk kemampuan psikomotor dan afektif. Penelitian ini menggunakan 36 siswa pada kelas IX IPA semester ganjil di SMA N 1 Tampaksiring Bali tahun ajaran 2016/2017. Hasil Analisis data menggunakan deskriptif analisis menunjukkan (1) memperbaiki miskonsepsi siswa mencapai 75 % dari sebelum diterapkan model ICI dan setelah diterapkan model ICI pada siklus I. Terjadi perbaikan miskonsepsi siswa tersebut mencapai 11.50 % dari tahap I pada tahap II. (2) Terjadi peningkatan aspek kognitif siswa sebelum diterapkan model ICI dan setalah diterapkan model ICI pada tahap pertama mencapai 61.12 % dan dari siklus I pada siklus II mencapai 13.88 %. (3) Terjadi peningkatan aspek psikomotor siswa mencapai 80,89 % dan 8.33 % dari siklus I ke siklus II. (4) Terjadi peningkatan afektif siswa mencapai 88.89 % dan 11.11 % dari siklus I ke siklus II. Oleh karena itu, hasil penelitian ini bisa memperbaiki miskonsepsi siswa dan peningkatan hasil  belajar siswa dari aspek kognitif, psikomotor dan afektif di in SMA Negeri 1 Tampaksiring Bali.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran ICI, Lembar kerja siswa berbasis lingkungan, Miskonsepsi, Hasil pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardhana, W., Purwanto., Kaluge, L., & Santyasa, I W. 2004. Implementasi pembelajaran inovatif untuk pemahaman dalam belajar fisika di SMU. Jurnal ilmu pendidikan. Jilid. 11. No. 2. 152-168.

Berg, E. V. D. 1991. Miskonsepsi fisika dan remidiasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Dahar, R. W. 1989. Teori-teori belajar. Bandung: IKIP Bandung.

Depdiknas. 2003. Pedoman Penyusunan Lembar Kerja Siswa dan Skenario

Pembelajaran Menengah Atas . Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mariawan, I M. 2001. Implementasi strategi konflik kognitif dalam setting pembelajaran diskusi untuk mereduksi miskonsepsi siswa kelas I SMU Lab. STKIP Singaraja. Tesis (tidak diterbitkan). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nurkancana & Sunartana. 1992. Evaluasi hasil belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Santyasa, I W., Suardana, I K., Tantris, N. K., Suarti, N. N., & Paryawati, P. A. 2004. Implementasi model ICI dalam pembelajaran fisika sebagai upaya perbaikan miskonsepsi, pemahaman konsep, dan hasil belajar siswa kelas I SMU N 1 Singaraja pada semester I tahun pelajaran 2004/2005. Laporan penelitian (tidak diterbitkan). Dibiayai oleh proyek peningkatan penelitian pendidikan tinggi, DIKTI, Departemen Pendidikan Nasional.

Suparno, P. 1997. Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan. Yogyakarta: Kanesius.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v5i2.1142

Article Metrics

Sari view : 223 times
PDF - 156 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter