PENDIDIKAN AKHLAK DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN 1 BUKITTINGGI

Mardalis Mardalis

Sari


Tesis 2018 “Pendidikan Akhlak dan Penerapannya dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs.N. 1 Bukittinggi”.Pendidikan Akhlak merupakan jawaban terhadap solusi untuk mengatasi tingkah laku yang tercela. Pembentukan akhlak mulia terhadap genarasi muda dikalangan pelajar sangat ditentukan oleh pendidikan melalui proses pembelajaran. Bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam dalam menanamkan nilai-nilai akhlak mulia kepada peserta didik melalui metoda, strategi, media pembelajaran, dan penilaian sikap oleh pesert didik sesuai tuntutan kurikulum 2013. Kegiatan pembentukan akhlak mulia lainnya melalui; kegiatan Sholat Dhuha bersama, kegiatan Kultum, setoran ayat (hafalan ayat), dan Sholat Zuhur berjama’ah.Dari penelitian ditemukan rangkaian kegiatan pembelajaran mulai kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup. Metode pembelajaran yang efektif dalam menanamkan akhlak mulia itu adalah melalui ceramah interaktif, diskusi, dan tanyajawab. Kemudian guru menjelaskan serta menekankan kepada aspek akhlak para tokoh Islam Khalifahurrashidin dan Umar bin Abdul Aziz. Strategi Pembelajaran yang digunakan adalah Inquiry (SPI) yaitu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawabannya dari suatu masalah yang ditanyakan.Siswa diperintahkan untuk membaca, mendiskusikan, dan menyimpulkan, serta mempresentasikan didepan kelas. Dalam diskusi maka siswa akan menemukan sifat-sifat seorang tokoh dan mampu menjelaskan kepada kelompok lainnya. Untuk pembahasan lebih lengkap terhadap tokoh yang didiskusikan maka guru menyimpulkan sifat tokoh dan melakukan konfirmasi dan refleksi bersama siswa. Selain itu juga didukung media pembelajaran seperti video, chart, lembar kerja siswa, dan peta konsep.

Kata kunci: Akhlak, Pembelajaran, SKI


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, Khoiru, Iif, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP, Jakarta, Presrasi Pustaka.

Ahmadi, Wahid.2004. Risalah Akhlak, Solo, Era Entermedia, 2004

Al Ghazali, Imam, Ihya ‘Ulum al-Din, Beirut, Dar al-Fikr, Jilid III.

Al-Ghazali, Imam. 2004. Ringkasan Ihya Ulumuddin, Bandung, Sinar Baru Algesindo.

Amin, Munir, Samsul,Sejarah Peradaban Islam,Jakarta, Amzah, 2014.

Amri, Sofan, 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013,Jakarta, Presrasi Pustaka.

Asmaran AS.1994. Pengantar Studi Akhlak, Jakarta, Raja Grafika.

Djamarah, Bahri Syaiful. 2002. StrategiBelajarMengajar, Jakarta, Rineka Cipta.

Gunawan, Heri.2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung, Alfabeta.

Hamalik, Oemar.2002. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara,

Ilyas, Yunahar, Buku Kuliah Akhlak, Yogyakarta, LPPI-UMY.

Lexy, J., Moleong, 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif,Bandung, Remaja Rosydakarya.

Nata, Abuddin. 2013. Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Nata, Abuddin. 2011. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta, Kencana.

Rahman, Muhammad, Hamzah, danAmri, Sofan, 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran,Jakarta, Pustakarya.

Sardiman A.W. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Rajawali Press.

Syukur, Amin, HM. 2010. Studi Akhlak, Semarang,Walisongo Press, 2010.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang; Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, B., Hamzah 1991. 10 Perencanaan Pembelajaran,Jakarta, Bumi Aksara, 2011.

Zainuddin, dkk.,Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali, Jakarta, Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v5i2.1140

Article Metrics

Sari view : 490 times
PDF - 475 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter