UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS IX.2 SMP NEGERI 2 TIMPEH

Fatmawetti Fatmawetti

Sari


Penulis melakukan penelitian tindakan kelas dilatarbelakangi rendahnya hasil ujian semester I yang diperoleh siswa. Hasil  nilai ujian semester I menunjukkan dari jumlah 21 siswa yang tuntas hanya 8 orang (38 %) sedangkan 13 orang lainnya (62%) belum tuntas. Penulis melakukan perbaikan pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut menggunakan model cooperative learning tipe Jigsaw. Kunci keberhasilan model tipe Jigsaw adalah adanya saling ketergantungan. Setiap siswa tergantung kepada teman dalam satu tim, saling bertukar materi dan menjelaskannya kepada teman dalam kelompoknya. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw terjadi peningkatan hasil belajar. Data awal diperoleh rata-rata nilai siswa 72,3, pada siklus I meningkat menjadi 76,4 dan akhir siklus II menjadi 85,2. Persentase ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan, data awal siswa yang tuntas hanya 8 orang (38%), akhir siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 11 orang (52%) dan diakhir siklus II meningkat menjadi 18 (85%).

 

Kata kunci: Hasil Belajar,  Model Cooperative Learning, Tipe Jigsaw

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2003. Metode Pengajaran dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Isjoni. 2007. Integrated Learning (Pendekatan pembelajaran IPS di Pendidikan Dasar). Bandung: Falah Production.

Kusno, 1999. Pembelajaran Matematika dengan Cooperative Learning. Makalah Lokakarya . Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Mulyasa. 2004. Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nur, Muhammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nurhadi. dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Kontextual teaching and Learning/CTL), Malang: Universitas Negara Malang.

Sapriya. 2008. Pendidikan IPS. Bandung: CV Yasindo Multi Aspek.

. 2009. Konsep dan Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sardjiyo. 2009. Pendidikan IPS di pendidikan Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Slavin, Robet E. 1986. Educational Psichologi theori And Practice. Johns Hopkins University.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 1999. Metode Penelitian Tindakan. Bandung: Remaja Roida Karya.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v5i2.1137

Article Metrics

Sari view : 159 times
PDF - 117 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter