OPTIMALISASI PEMASARAN JERUK SIAM DINAGARI KOTO TINGGI KECAMATAN GUNUANG OMEH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Wely Nofrita, Muhammad Reza

Sari


ABSTRAK

 

Skripsi ini berjudul “Optimalisasi Pemasaran Jeruk Siam Di Nagari Koto Tinggi”. Penelitian dilakukan di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Gunung Omeh. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa daerah tersebut merupakan penghasil jeruk terbanyak di Kabupaten Lima Puluh Kota. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui permasalahan pemasaran jeruk yang di hadapi petani di  Nagari Koto Tinggi, untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pemasaran jeruk, untuk mengetahui strategi yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan pemasaran jeruk di Nagari Koto Tinggi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yaitu menggunakan matriks efas ifas dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan – permasalahan yang terdapat dalam pemasaran jeruk siam di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh yaitu : Kesinabungan produksi, Rendahnya kemampuan tawar menawar, Kurangnya ketersediaan informasi pasar , Kurang jelasnya jaringan pemasaran , Rendahnya kualitas produksi, Rendahnya kualitas SDM. Faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran jeruk siam yaitu: dukungan Pemerintah, dan promosi. Faktor internal yang mempengaruhi pemasaran, yaitu: lokasi, harga jual, ketersediaan bahan baku, pangsa pasar, dan selera masyarakat. Berdasarkan analisis IFAS dan EFAS yang telah dilakukan faktor eksternal dan internal positif yang berarti bahwa lingkungan yang dihadapi secara relatif berpeluang lebih besar dibanding ancamannya. Kekuatan relatif lebih unggul dibandingkan dengan kelemahannya. 

 

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriks Efas Ifas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Adnyana,S.Teneya,I.M.N.Darmawan,D.P.Peranan System Agribisnis Terhadap Keberhasilan Tumpangsari Cabai-Tembakau (Kasus Subak Di Desa Sukawati,Kecamatan Sukawati,Kabupaten Gianyar).Jurnal.Manajemen Agribisnis. Vol 5,No.1,Mei.

Aini,H. 2019. Analisis Strategi Pemasaran Jamur Tiram Di Ud. Kenanga Kecamatan Ampenan Selatan Kota Mataram. [SKRIPSI]. Universitas Muhammadiyah Mataram. Mataram.

Amelia,I.R. 2019. Optimalisasi Produk Bank Syariah Dalam Menghadapi Digital Banking (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kota Palopo). [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri (Iain) .Palopo.

Amelia,W.N. 2017. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Jeruk Pamelo Madu Bageng ( Kasus Kelompok Tani DI Desa Bageng, Kecamatan Gembong, Pati). [SKRIPSI]. Universitas Diponegoro. Semarang.

Apriani, I. 2019. Analisis Pemasaran Jeruk Lemon Di Desa Sekoci Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan..

Asriani. 2019. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Padi Di Kabupaten Wajo. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar. Makasar

Atmoko, T.P.H. 2018. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta.Jurnal Of Indonesian Tourism, Hospitality And Recreation. Vol 1, N 2.

Badan Pusat Statistik , Kecamatan Gunuang Omeh .2021. Kematan Lima Puluh Kota dalam Angka 2021.

Badan Pusat Statistik, Kabupaten Lima Puluh Kota .2021.Kabupaten Lima Puluh Kota dalam Angka 2021

Badan Pusat Statistik, Sumatra Barat.2021. Sumatra Barat dalam Anggka 2021.

Dani, U.M. 2019.Pengaruh Pemasaran Produk Makanan Dan Minuman Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Di Green Cafe 15 A Kota Metro).[skripsi]. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro

Dayat,M. 2019. Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim Vol 1 No 2.

Diwalga,F. 2020. Analisis Saluran Dan Margin Pemasaran Usahatani Jeruk Siam (Citrus Nobilis Tour) Di Desa Arisan Gading Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir.[Skripsi]. Universitas Sriwijaya.




DOI: https://doi.org/10.33559/pertanian%20umsb.v6i1.5661

Article Metrics

Sari view : 3 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Visitor Number : Web
Analytics Kunjungan Saat Ini

 

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.