SALURAN DAN PERMASALAHAN PEMASARAN CABAI MERAH (Capsicum annuum L.) DI NAGARI AMPALU KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Nopi Isbat, Wedy Nasrul

Sari


ABSTRAK

 

Saluran pemasaran produk pertanian sangat penting untuk diperhatikan karena saluran pemasaran merupakan jalur yang dipakai oleh produsen (petani) untuk memindahkan produk pertanian berupa hasil panen dari suatu tempat ke tempat lainnya atau ke tangan konsumen akhir. Salah satu produk pertanian yang harus diperhatikan salurannya adalah cabai merah, di nagari Ampalu dalam pemasaran cabai merah terdapat beberapa saluran pemasaran dan permasalahan dalam pemasarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui saluran pemasaran cabai merah di nagari Ampalu dan mengetahui permasalahan – permasalahan yang terdapat dalam pemasaran cabai merah di nagari Ampalu. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitia yang dipakai yaitu deskriptif, sedangkan untuk sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2021 – Juni 2021 dengan jumlah informan sebanyak 30 informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara dan dokumentasi. Fokus data dalam penelitian ini berdasarkan tujuan pertama yaitu mengetahui saluran pemasaran cabai merah di nagari Ampalu yaitu terdiri dari saluran I, saluran II dan saluran III. Dan fokus data yang kedua yaitu mengenai permasalahan – permasalaha pemasaran cabai merah di nagari Ampalu yang terdiri dari beberapa masalah diantarany kesinambungan produksi, rendahnya kualitas produk dan kurang memadainya pasar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) terdapat tiga saluran pemasaran cabai merah di nagari Ampalu yaitu saluran I (petani – konsumen), saluran II (petani – pengecer – konsumen) dan saluran III ( petani – pengepul – pengecer – konsumen). (2) terdapat lima permasalahan dalam pemasaran cabai merah di nagari Ampalu yaitu harga cabai merah yang berfluktuasi, kurang memadainya pasar, panjangnya saluran pemasaran, rendahnya kemampuan tawar – menawar dan rendahnya kualitas produk.

 

Kata Kunci : Metode Deskriptif Kualitatif, Saluran Pemasaran, Permasalahan Dalam Pemasaran Produk Pertanian.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ananda, Intan Sari. Analisis Saluran Dan Permasalahn Pemasaran Cabe Merah (Capsicum Annuum L.) Di Nagari Situjuah Banda Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota. 2020. [Skripsi]. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Payakumbuh. Payakumbuh.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Sumatera Barat. 2018. Hasil Panen Cabai Merah di Sumatera Barat.

Febriani, Putri. 2013. Pemberian Motivasi Kepala UPT Perpustakaan IAIN Surakarta Untuk Meningkatkan Prestasi Kerja Pustakawan. UPT Perpustakaan IAIN Surakarta. UNDIP.

Hastuti. 2017. Ekonomika Pertanian (Prngantar Agribisnis). Penebar Swadaya Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Sekaran, Uma. 2011. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi 4. Salemba Empat. Jakarta.

Sofanudin, Ahmad dan Eko Wahyu Budiman. 2017. Analisis Saluran Pemasaran Cabai Rawit (Capsicum frutescens. L) Studi Kasus di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Jurnal Viabel Pertanian. Volume 11. Nomor 1.

Subagyo, Joko. 2011. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33559/pertanian%20umsb.v5i2.5655

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Visitor Number : Web
Analytics Kunjungan Saat Ini

 

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.