HUBUNGAN KARAKTERISTIK PETANI DENGAN PRODUKTIVITAS PADI SAWAH DI NAGARI KAJAI KECAMATAN TALAMAU KABUPATEN PASAMAN BARAT

Fitriana `, Rizqha Sepriyanti Burano

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian tentang hubungan karakteristik petani dengan produktivitas padi sawah di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini di lakukan pada bulan November – Januari 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik petani padi sawah di Nagari Kajai dan melihat pengaruh karakteristik terhadap produktivitas padi sawah di Nagari Kajai. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini pengambilan sampel berdasarkan sample random sampling dari delapan jorong di Nagari Kajai. Hasil penelitian ini di analisis dengan menggunakan regresi linear berganda, jika  nilai Sig lebih besar dari α maka karakteristik yang dimiliki oleh petani tidak ada pengaruh dengan produktivitas padi sawah,  apabila nilai Sig lebih kecil dari α  maka  ada pengaruh  karakteristik yang dimiliki oleh petani dengan produktivitas padi sawah.

Dari hasil penelitian tersebut di dapatkan bahwa karakteristik yang di miliki petani adalah petani yang berumur produktif yaitu umur 41 – 60 tahun, petani dengan tingkat pendidikan rendah yaitu tamatan SD, petani dengan luas lahan yaitu kecil dari 1 Ha dan petani yang berpengalaman yaitu pengalaman lebih dari 10 tahun, petani dengan tingkat pendapatan sedang yaitu Rp 4.000.000-8.000.000. Dari karakteristik tersebut luas lahan dan pendapatan berpengaruh dengan produktivitas padi sawah. Umur, tingkat pendidikan dan pengalaman tidak ada pengaruh atau tidak ada hubungan dengan produktivitas padi sawah.

 

Kata Kunci : Karakteristik petani, produktivitas padi sawah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ambarwati, Kiki. 2019.Hubungan Karakteristik Petani Dan PerilakuKomunikasi Petani Dalam Pemenuhan InformasiUsahatani Lada Di Desa Sukadana Baru KecamatanMarga Tiga Kabupaten Lampung Timur.(Skripsi). Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Antari, N,K.N. Utama, M.S. 2019. Analisis Faktor Faktor Yang mempengaruhi Pendapatan Petani Rumput Laut.E Jurnal EP Unud.Volume 8.Nomor 1.

Andayani Sri Ayu.2016. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Dan Pendapatan Usaha Pembesaran Ikan Air Tawar.Jurnal Ilmu Pertanian Dan Peternakan.Volume 4.Nomor 2.

Andrias, A.A. Yus D. Mocammad R. 2017. Pengaruh Luas Lahan Terhadap Produksi Dan Pendapatan Usaha Tani Padi Sawah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh. Volume 4.Nomor 1.

Aprilyanti Selvia. 2017. Pengaruh Usia Dan Masa Kerja Terhadap Produktivitas Kerja. Jurnal Sistem Dan Manajemen Industri. Volume 1.Nomor 2.

Arimbawa,P. D. Widanta, B.P. Pengaruh luas lahan, teknologi dan pelatihan terhadap pendapatan petani padi dengan produktivitas sebagai variable intervening di Kecamatan Mengwi. E-Jurnal EP Unud.Volume 6.Nomor 8.

Arlis. 2016. Hubungan Karakteristik Petani Dengan Produksi Padi Sawah Di Desa Rambah Tengah Barat Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. (Skripsi).Rokan Hulu. Universitas Pasir Pengaraian Rokan Hulu.

Arya, D.P. Nyoman, D.S. Pengaruh umur, pendidikan, pekerjaan terhadap pendapatan rumah tangga miskin di desa Bebandem. E-Jurnal EP Unud.Volume 2.Nomor 4.

Asih Dan Pratiwi (2010). Prilaku Prososial ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi.Jurnal Psikologi. Vol 1, No 1. Kudus: Universitas Muria Kudus

Christoper, Rio. Chodijah, Rosmiyati. Yunisvita. 2017. Faktor-faktor yangmempengaruhi pendapatan pekerjaWanita sebagai ibu rumah tangga. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 15 (1)




DOI: https://doi.org/10.33559/pertanian%20umsb.v5i2.5654

Article Metrics

Sari view : 4 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Visitor Number : Web
Analytics Kunjungan Saat Ini

 

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.