RANTAI PASOK JERUK SIAM (Citrus nobilis) DINAGARI TALANG ANAU KECAMATAN GUNUANG OMEH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

M. Halim Septian, Wedy Nasrul

Sari


ABSTRAK

 

          Penelitian ini dilakukan di Nagari Talang Anau Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis rantai pasok jeruk siam di Nagari Talang Anau. Metode dalam penelitian ialah menggunakan metode deskriptif. Dalam teknik pengumpulan data dilakukan wawancara langsung kekebun petani jeruk siam dan ketempat gudang toke jeruk siam. penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan bagaimana aliran rantai pasok jeruk siam di Nagari Talang Anau. Berdasarkan hasil yang mengacu pada pelaksanaan penelitian ini di Nagari Talang Anau terdapat 3  pola rantai pasok dalam pemasaran jeruk siam yaitu, (1) Pola Rantai Pasok 1 yaitu aliran rantai pasoknya melibatkan Petani – Toke – Pedagang pengecer – Konsumen akhir, (2) Pola Rantai Pasok 2, aliran yang hanya melibatkan Petani – Pedagang Pengecer – Konsumen akhir (3) Pola Rantai Pasok 3, pola yang melibatkan Petani – Konsumen akhir. Peran lembaga pada rantai pasok jeruk siam di Nagari Talang Anau Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten Lima Puluh Kota memiliki peran yang berbeda-beda, dimana setiap lembaga melakukan perannya dengan tujuan yang menguntungkan lembaga itu sendiri ataupun lembaga lainnya. Adapun peran yang membedakannya ialah (1) Petani hanya berperan sebagai mulai dari budidaya, panen hingga penjualan, (2) Toke berperan sebagai pembelian, sortasi dan grading, packing, pengangkutan dan melakukan penjualan, (3) Pedagang pengecer mempunyai peran melakukan pembelian, sortasi dan grading, pengangkutan dan penjualan, sedangkan konsumen akhir hanya berperan sebagai pembeli (Fadilla, 2009).

 

 

Kata Kunci : Rantai pasok, Peran Lembaga,  Jeruk siam, metode deskriptif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anggen. 2012. Ajaibnya Terapi Herbal. Dunia Sehat. Jakarta.

Asrol, M. Ritongga. (2015). Pengukuran dan Peningkatan Kinerja Rantai Pasok Agroindusti Gula Tebu (Studi Kasus Di PT A). Skripsi. Bogor: Fakultas Tekonologi Pertanian. IPB.

Badan Pusat Statistik Sumatera Barat. (2018). Sumatera Barat Dalam Angka. Sumatera Barat : Badan Pusat Statistik Sumatera Barat.

Badan Pusat Statistik Sumatera Barat. (2020). Monografi Kantor Wali Nagari Talang Anau : Badan Pusat Statistik Sumatera Barat.

Departemen Pertanian.2007. Peraturan Menteri Pertanian no 237/Kpts.OT.160/4/2007 tentang Pedoman Pembinaan Kelembagaan Petani. Lampiran 1 Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani.

Indrajit, R.E dan Djokopranoto, R. (2003). Konsep Manajemen Supply Chain, Cara Baru Memandang Mata Rantai Penyediaan Barang. Jakarta: Grassindo.

Moleong, L.J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33559/pertanian%20umsb.v5i1.5651

Article Metrics

Sari view : 1 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Visitor Number : Web
Analytics Kunjungan Saat Ini

 

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.