RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CAISIM (Brassica juncea l.) AKIBAT PEMBERIAN BEBERAPA TAKARAN PUPUK BOKASHI KOTORAN SAPI

Rina Rizky Tanjung, Sevindrajuta .

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian dalam bentuk percobaan lapangan tentang “Respon Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Caisim (Brassica juncea L.) Akibat Pemberian Beberapa Takaran Pupuk Bokashi Kotoran Sapi” telah dilaksanakan di lahan percobaan Fakultas Pertanian Unversitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Kelurahan Tanjung Gadang Koto Nan Ampek Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh, dengan jenis tanah Inceptisol, ketinggian tempat ± 514 mdpl. Waktu percobaan dilaksanakan Bulan Oktober 2019 sampai Bulan November 2019.

Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan dan 4 kelompok, sehingga berjumlah 20 petak percobaan penelitian dan dalam setiap petak berjumlah 16 tanaman  dengan 3 tanaman sebagai sampel. Dengan perlakuan 0 ton/ha, 10 ton/ha, 15 ton/ha, 20 ton/ha, dan 25 ton/ha. Data hasil pengamatan di rata-ratakan dan di analisis secara statistika dengan uji F.

Adapun parameter yang dimati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, lebar daun terlebar, panjang daun terpanjang, berat pertanaman, berat tanaman perpetak, berat tanaman perhektar.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan  didapatkan  bahwa pemberian bokashi kotoran sapi berpengaruh tidak nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman caisim.

 

 

 

Kata kunci : Takaran, Pupuk Bokashi Kotoran Sapi, Pertumbuhan Dan Hasil,

        Tanaman Caisim

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aris Sugiharto, 2007. Faktor-faktor Risiko Hipertensi Grade II pada Masyarakat. Universitas Diponegoro Semarang. Disertasi.

Atikah, N. 2013. Uji Aktivitas Antimikroba Ekstrak Herba Kemangi (Ocimum americanum L) Terhadap Staphylococcus aureus dan Candida albicans. Naskah Skripsi S-1. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Haryanti, S. 2006. Respon Pertumbuhan Jumlah Dan Luas Daun Pakcoy (Brassica rapa L) Pada Tingkat Naungan Yang Berbeda. Laboratorium Biologi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan. Universitas Diponegoro. Semarang

Haryanto, E., Suhartini, Rahayu, dan Sunarjono. 2003. Sawi dan Caisim. Penebar Swadaya. Jakarta.

Kastalani.2017. pengaruh pemberian pupuk bokashi terhadap pertumbuhan vegetative rumput gajah (pennisetum purpureum). Palangka raya. Universitas fakultas peternakan Kristen.vol nomor 2.

Netty. 2016. Harga Sawi Melambung Tembus Rp15.000/Kg.

Railan, M., A. Hikmat, I. Adam, S.L. Utami, I.N. Chalid, dan R. Noerjati. 2003. Pedoman Penerapan Usahatani Hortikultura Non Kimia Sintetik. Direktorat Perlindungan Hortikultura, Direktorat Jenderal Bina Produksi Hortikultura. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33559/pertanian%20umsb.v4i1.5627

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Visitor Number : Web
Analytics Kunjungan Saat Ini

 

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.