RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt) AKIBAT PEMBERIAN BEBERAPA TAKARAN KOMPOS TITHONIA

djarot trio

Sari


ABSTRAK

 

 

            Penelitian dalam bentuk percobaan lapangan tentang “Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea Mays Saccharata Sturt) Akibat Pemberian Beberapa Takaran Kompos Tithonia” telah dilaksanakan di lahan percobaan Fakultas Pertanian Unversitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Kelurahan Tanjung Gadang Koto Nan Ampek Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh, dengan jenis tanah Inceptisol, ketinggian tempat ± 514 mdpl. Waktu percobaan dilaksanakan bulan Desember 2018 sampai bulan Februari 2019.

            Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan dan 4 kelompok, sehingga berjumlah 20 petak. Dalam 1 petak terdapat 6 batang tanaman jagung manis dan 3 diantaranya merupakan tanaman sampel yang dipilih secara acak. Data hasil pengamatan dianalisis secara statistik dengan Uji F pada taraf nyata 5 %. Jika F hitung besar dari F tabel 5 %, maka dilanjutkan dengan uji lanjutan Duncan’ New Multiple Range Test ( DNMRT ) pada tarif nyata 5 %. Perlakuan masing-masing adalah pemberian beberapa takaran kompos tithonia.

            Dari hasil percobaan dapat diambil kesimpulan bahwa pemberian takaran kompos thitonia 15 ton/ha dan 20 ton/ha  telah meningkatkan berat tongkol/petak dan berat tongkol /ha tanaman jagung manis.

 

 

 

Kata Kunci : Takaran, Kompos Thitonia, Pertumbuhan dan Hasil, Jagung Manis

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atmojo,w.s. 2003. Perana Bahan Organik Terhadap Kesuburan Tanah dan Upaya Pengelolaanya. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Bunyamin Z dan Awaluddin.2013.Pengaruh Populasi Tanaman Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jagung Semi. Balai Penelitian Tanaman Serealia. Fakultas Pertanian Universitas Hasanudin, Makasar. 223 Hal.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2016. Produksi Jagung Manis di Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat dari Tahun 2012-2015. BPS Provinsi Sumatera Barat.

Budiman. 2004. Aplikasi Kascing dan Cendawan Mikoriza Arbuskula (CMA) Pada Ultisol Serta Efeknya Terhadap Perkembangan Mikroorganisme Tanah Pada Hasil Tanaman Jagung Sama (Zea mays L.) Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Padang (Tidak Dipublikasikan).

Ellisa. 2004. Pembungaan dan Produksi Buah I. www.elisa.igm.ac.id.

Hakim, N dan Agustian. 2012. Titonia Untuk Pertanian Berkelanjutan. Padang : Andalas University Press.

Ichwan. 2007. Pertumbuhan dan Hasil Jagung Manis (Zea Mays saccharata Strut). Pada Berbagai Konsentrasi Efektif Mikroorganisme Dan Waktu Fermentasi Janjang Kelapa Sawit. Jurnal Agronomi vo. 11 no.2.

Khatimah, 2011. Proses Fotosintesis Dalam Membentuk Seluruh Organ Tanaman Dan Menghasilkan Prodiktivitas Lebih Banyak.

Lingga, P. Dan Marsono. 2005. Petunjuk penggunaan pupuk. Penebar Swadaya.

Muhsanati, Syarif dan Rahayu. 2008. Pengaruh BeberapaTakaranKomposTithoniaTerhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mayssaccharata Sturt). Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang. Jerami 1 (2): 87-91.

Novira, F., Husnayetti, Dan S. Yoseva. 2015. Pemberian Pupuk Limbah Cair Biogas Dan Urea, TSP, KCL Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi

Pracaya.2002. Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Secara Organik.Kanisius : Yogyakarta.

Rahmi A dan Jumiati, 2007. Pengaruh Kosentrasi dan Waktu Pemupukan

Sirajuddin, 2010. Komponen Hasil Dan Kadar Gula Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt) Terhadap Pemberian Nitrogen Dan Zat Tumbuh Hidrasil. Penelitian Mandiri. Fakultas Pertanian UNTAD, Palu.

Syofia, I., A. Munar, dan Mhd. Sofyan. 2014. Pengaruh pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan hasil dua varietas tanaman jagung manis. J. Agrium 18(3): 208-218.

Tanaman Jagung Manis (Zea Mays Saccharata Sturt). Jom Faperta 2(1): 1-18.

Triwulanigrum, W. 2009. Pengaruh Semberian Pupuk Kandang Sapi dan Pupuk Fosfor Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Buncis Tegas (Phaseolus vulgaris L.) Jurnal. Ilmiah Pertanian. 23 (4) : 154 - 162

Yuwono, N.W. 2002. Membangun Kesuburan Tanah di Lahan Marginal. Jurnal Ilmu Tanah Lingkungan 9 : 137-141




DOI: https://doi.org/10.33559/pertanian%20umsb.v3i2.5342

Article Metrics

Sari view : 23 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Visitor Number : Web
Analytics Kunjungan Saat Ini

 

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.