ANALISIS PENDAPATAN SUB TERMINAL AGRIBISNIS (STA) BALIAK MAYANG DI KELURAHAN PADANG ALAI BODI KECAMATAN PAYAKUMBUH TIMUR

Restu Ardina, husnarti husnarti

Sari


Penelitian dilakukan di STA Baliak Mayang pada tanggal 12 Maret 2019 sampai 30 April 2019 yang berlokasi di Kelurahan Padang Alai Bodi Kecamatan Payakumbuh Timur. Adapun tujuan penelitian yaitu mengetahui gambaran umum kegiatan usaha, menganalis jenis biaya, pendapatan, keuntungan serta R/C rasio. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisa data menggunakan metode deskriptif, rumus analisis biaya, rumus analisis pendapatan, rumus analisis keuntungan dan R/C rasio.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kegiatan usaha di STA Baliak Mayang meliputi kegiatan pembelian sayuran dari petani, pasca panen (sortasi, grading, pengemasan, penimbangan), dan pemasaran. Biaya yang dikeluarkan STA Baliak Mayang terdiri dari biaya tetap dan biaya tidak tetap (bahan baku, penunjang, tenaga kerja, dan biaya tidak langsung). Biaya tetap rata-rata pada STA Baliak Mayang adalah Rp 171.361,- per bulan dan biaya tidak tetap rata-rata Rp 32.813.121,- per bulan. Pendapatan rata-rata yang diterima STA Baliak Mayang adalah Rp 37.689.896,- per bulan dan keuntungan rata-rata Rp 1.069.525,- per bulan. Adapun R/C rasio STA Baliak Mayang adalah 1,029. Artinya kegiatan usaha STA Baliak Mayang tersebut layak namun keuntungan yang dihasilkan sangat kecil yaitu Rp 0,029,- atau 2,9 % dari setiap satu rupiah biaya yang dikeluarkan. Namun hal ini sesuai dengan tujuan sebuah Sub Terminal Agribisnis (STA) yaitu membantu petani dalam memasarkan hasil pertanian. Sehingga tidak berorientasi pada besarnya keuntungan yang diterima.

 

Kata Kunci: Sub Terminal Agribisnis, analisis pendapatan, keuntungan, biaya, R/C rasio.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sub Terminal Agribisnis. Jakarta.

Dinas Pertanian Kota Payakumbuh. 2018. Studi Kelayakan Terminal Agribisnis Kota Payakumbuh. Payakumbuh.

Ekarini, Tyas A,N. 2009. Analisis Pendapatan Usahatani Semangka (Citrullus vulgaris) di Kabupaten Sragen Skripsi. Surakarta. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. 99 hal.

Mulyadi. 2016. Akuntansi Biaya. UPP-STIM YKPN, Yogyakarta. Rahardi. 2011. Agribisnis Tanaman Sayur. Penebar Swadaya, Jakarta.

Rahmadani, F. 2017. Modal Sosial pada Keberlanjutan Sub Terminal Agribisnis Baliak Mayang Tesis. Padang. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Rahmadona, L. 2015. Analisis Pendapatan Usahatani Bawang Merah di Kabupaten Majalengka. Jurnal AGRISE Vol. XV. No. 2.

Safitri, I. 2017. Analisis Keuntungan pada Budidaya Bunga Begonia di P4S Astuti Lestari Bandung Barat. Jurnal Agrimart Vol. 04 No. 01.

Saswita, R. 2010. Perbedaan Pendapatan Petani yang Menggunakan Sub Terminal Agribisnis (STA) dengan yang tidak menggunakan STA sebagai Lembaga Pemasaran di Kota Payakumbuh Tesis. Jakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 82 hal.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33559/pertanian%20umsb.v3i1.4864

Article Metrics

Sari view : 12 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Visitor Number : Web
Analytics Kunjungan Saat Ini

 

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.