PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR KEONG MAS (Pomaceae canaliculata L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt.)

Dilla Jefysa

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian dalam bentuk percobaan lapangan tentang “Pengaruh Pemberian Beberapa Dosis Pupuk Organik Cair Keong Mas (Pomaceae canaliculata L.) Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt.)” telah dilaksanakan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, yang terletak di Kelurahan Tanjung Gadang, Koto Nan IV Payakumbuh. Jenis tanah Inceptisol dengan ketinggian tempat ± 514 m di atas permukaan laut. Percobaan penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan di mulai bulan November 2018 sampai Februari 2019.

Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan dan 4 kelompok, sehingga jumlah petakan seluruhnya adalah 20 petak. Ukuran petak adalah 1,2 m × 1,2 m, dengan perlakuan 0 ml POC / L air, 10 ml POC / L air, 20 ml POC / L air, 30 ml POC / L air, dan 40 ml POC / L air. Data hasil pengamatan terhadap jagung manis dirata – ratakan dan dianalisis secara statistik menggunakan uji F. Jika F hitung lebih besar dari F tabel, maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%.

Dari hasil percobaan dapat diambil kesimpulan bahwa pemberian dosis pupuk organik cair keong mas belum dapat meningkatkan hasil tanaman jagung manis, tetapi dengan dosis 20 ml POC/L air telah meningkatkan panjang tongkol (cm) tanpa kelobot tanaman jagung manis.

 

Kata Kunci : Dosis, Pupuk Organik Cair Keong Mas, Pertumbuhan dan Hasil, Tanaman Jagung Manis


Teks Lengkap:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.33559/pertanian%20umsb.v3i2.4340

Article Metrics

Sari view : 25 times
PDF - 10 times PDF - 13 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Visitor Number : Web
Analytics Kunjungan Saat Ini

 

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.