PENGARUH BEBERAPA TAKARAN PUPUK KOMPOS JERAMI PADI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccaratha Sturt)

Dika Restu Mulia

Sari


ABSTRAK

 

 

            Penelitian dalam bentuk percobaan lapangan tentang “Pengaruh Beberapa Takaran Pupuk Kompos Jerami Padi Terhadap  Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays sacaratha Sturt)” telah dilaksanakan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, yang teerletak di Kelurahan Tanjung Gadang, Koto Nan Ampek Payakumbuh. Jenis tanah tempat penelitian adalah Incepticol dengan ketinggian tempat ± 514 m di atas permukaan laut. Percobaan penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan November sampai Februari 2019.

            Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan dan 4 kelompok, sehingga jumlah petakan seluruhnya adalah 20 petak. Ukuran Petak adalah 1 m x 1,2 m, dalam satu petak terdapat 6 tanaman dengan 3 tanaman sampel per petak. Perlakuannya adalah pemberian beberapa takaran kompos jerami padi sebagai berikut : 0 t/ha, 10 t/ha, 15 t/ha, 20 t/ha, , 25 t/ha. Data hasil pengamatan dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf uji coba 5%.

Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, saat muncul bunga jantan dan bunga betina, lebar daun terlebar, panjang daun terpanjang, jumlah daun, umur panen, panjang tongkol dan diameter tongkol, jumlah tongkol, berat tongkol dengan kelobot dan berat tongkol tanpa kelobot, berat tongkol per hektar.

            Hasil percobaan yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa pemberian takaran kompos jerami padi 0-25 ton/ha belum dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis.

 

 

Kata Kunci : Pengaruh, Pupuk Kompos Jerami Padi, Pertumbuhan dan Hasil, Tanaman                        Jagung Manis

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agustinus,2011.Jerami Padi Fermentasi Sebagai Pakan Ternak Sapi. http://epetani.deptan.go.id/budidaya/jerami-padi-fermentasi-sebagai pakan-ternak-sapi-1779.

Al-kayyis, H. K & Susanti, H. 2016. Perbandingan metode somogyi-nelson dan anthrone-sulfat pada penetapan kadar gula pereduksi dalam umbi cilembu (Ipomea batatas L.). J. Farmasi Sains Dan Komunitas.

Ekawati, I. 2010. Dekomposisi Komponen Lignoselulosa Jerami Padi Oleh Beberapa Isolat Bakteri. Jurnal Natural 7.

Faisal, H. N. 2015. Analisis pendapatan usahatani dan saluran pemasaran pepaya (Carica Papaya L) di Kabupaten Tulunggagun (studi kasus di Desa Bangoan, Kecamatan Kedunwaru, Kabupaten Tulungagung). Jurnal Agribisnis Fakultas Pertanian Unita. 11 (13) : 12-28

Lidar, S dan Surtinah. 2012. Respon Tanaman Jagung Manis Akibat Pemberian Tiens Golden Harvest. J. Ilmiah Pertanian. 8 (2) : 126-130.

Marzuki, R. 2007. Bertanam Kacang Tanah. Penebar Swadaya: Jakarta. 43 hlm.

Murtiningrum. 2010. Model Matematika Pertumbuhan Jumlah Anakan dan Tinggi Tanaman Padi yang Ditanam Dengan Metode SRI. J Agrotek 5(2) : 92- 107.

Ohorella. Z. 2011. Respon Pertumbuhan dan Produksi Kedelai Pada Sistem Olah Tanah Yang Berbeda. Agronomika, 1 (2): 92-98.

Pangaribuan, Darwin dan Hidayat Pujisiswanto.2008.Pemanfaatan Kompos Jerami Untuk Meningkatkan Produksi dan Kualitas Buah Tomat. Fakultas Pertanian: Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Putri, Arwina Dyanti, 2015. Pemanfaatan Kompos Jerami Untuk Meningkatkan Pertumbuhan dan Produksi Padi Sawah (Oryza sativaL.) di Desa Pematang Setrak, Sumatera Utara. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

Putri, E. 2011. Kompetisi Beberapa Jenis dan Populasi Gulma terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Jagung. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Bandar Lampung. 86 hlm.




DOI: https://doi.org/10.33559/pertanian%20umsb.v3i1.4337

Article Metrics

Sari view : 133 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Visitor Number : Web
Analytics Kunjungan Saat Ini

 

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.