Peran Pedagang Pengumpul di Kabupaten Limapuluh Kota

hus narti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pedagang pengumpul di
Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian dilakukan di Kabupaten Lima Puluh Kota dari
bulan Maret sampai April Tahun 2016 dengan menggunakan studi survey. Dari hasil
penelitian ditemukan hasil bahwa Secara umum pemasaran komoditi pertanian di
Kabupaten Lima Puluh Kota dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu Komiditi
Holtikultura, tanaman perkebunan dan rempah serta tanaman musiman. Sifat saluran
pemasaran dan peran pedagang pengumpul berbeda-beda pada setiap komditi
tersebut.Pedagang pengumpul di Kabupaten Lima Puluh Kota memiliki peran
mendistribusikan produk, memberikan informasi pasar, memberikan pinjaman modal,
melakukan sortasi dan grading. Dan tidak selama semua pedagang pengumpul
melakukan keseluruhan peran tersebut.
Kata Kunci: peran, pedagang pengumpul

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. PT RajaGrafindo Persada;

Jakarta.

Firdaus, Muhammad. 2008. Manajemen Agribisnis. Bumi Aksara; Jakarta

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta

Bandung; Bandung.

Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran konsep, Strategi dan

Kasus. PT. Buku Seru; Jakarta

Syahyuti. 2007. Dibutuhkan Perubahan Perspektif Kebijakan Untuk Mengoptimalkan

Peran Pedagang Hasil-Hasil Pertanian. Seminar Nasional

Pembangunan Pertanian dan Pedesaan. Pusat Analisis Sosial Ekonomi

dan Kebijakan Pertanian. 4 desember 2007. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.33559/pertanian%20umsb.v1i1.260

Article Metrics

Sari view : 373 times
PDF - 1861 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Visitor Number : Web
Analytics Kunjungan Saat Ini

 

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.