PEMBERIAN BEBERAPA DOSIS KOMPOS ECENG GONDOK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.)

Yustitia Akbar, Yusnaweti Amir

Sari


Penelitian tentang pemberian beberapa dosis kompos eceng gondok dan
pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.)telah dilasanakan di sawah disekitar kampus fakultas pertanian Universitas Muhammadiya Sumatra Barat Kelurahan Tanjung Gadang Koto Nan Ampek Kec. Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh dengan ketinggian tempat 514 mdpl. Waktu penelitian Oktober 2017 sampai Desember 2017. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan dosis kompos eceng gondok yang terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman tomat.
Percobaan ini menggunakan rancangan acak kelompok dengan 5 perlakuan dan
4 kelompok sehingga semuanya berjumlah 20 petak dan setiap petak terdapat 6
tanaman dan 3 merupakan tanaman sampel. Data hasil pengamatan dirata ratakan dan di analisis secara statiska dengan uji f. Bila f hitung perlakuan lebih besar dari f tabel pada taraf nyata 5 % maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Perlakuan pada percobaan ini adalah dosis kompos eceng gondok sebagai berikut: A. 0 Ton/ HA, B. 10 Ton/ HA C. 15 Ton/ HA ,D. 20 Ton/HA dan E. 25 Ton/ HA. Dari percobaan yang dilakukan dapat diambil kesimpulan pengguanaan kompos eceng gondok 20 ton/ha dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman
tomat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BPS dan Ditjen Horti. (2016). Produksi Tomat Nasional Tahun 2012-2016 Selalu Mengalami Peningkatan.

Frisandi, Dedi. 2009. Perubahan Akibat Pemberian Kompos Eceng Gondok Dan Sisa Kotoran Lembu Serta Efeknya Terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung (Zea mays L). Skripsi: Departemen Ilmu Tanah USU.

Gardner, F.P, R.B. Pearce, dan R.L. Mitchell. 1991. Fisiologi Tanaman

Budidaya.(Terjemahan oleh Herawati Susilo). UI Press, Jakarta.

(http://agrobisindo.com)(Diunduh pada tanggal 26 November 2012)

Hardjowigeno, S., 1992. Ilmu Tanah. CV Akademi Presindo. Jakarta

Lingga, P. 1991. Jenis Kandungan Hara Pada Beberapa Kotoran Ternak. Pusat Jenis Penelitian Dan Pedesaan Swadaya (PAS). ANTANAN. Bogor.

Lingga, P dan Marsono. 2007. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya. Jakarta.

Prahasta, Arief. 2009, Agribisnis Tomat. CV Pustaka Grafika. Bandung

Shella A.J.W., 2012. Kajian Pemberian Pupuk Hijau Eceng Gondok Pada Tanah Gambut Terhadap Pertumbuhan. Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Unversitas Palangka Raya




DOI: https://doi.org/10.33559/pertanian%20umsb.v2i1.1154

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Visitor Number : Web
Analytics Kunjungan Saat Ini

 

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.