JENIS–JENIS GULMA DI SEKITAR PERTANAMAN CABAI SEBAGAI TUMBUHAN INANG Trips (Thysanoptera : Thripidae) DI NAGARI PAKAN SINAYAN KEC. BANUHAMPU KABUPATEN AGAM

Yunita Sabri, Rika Ramadhani

Sari


Penelitian mengenai Jenis–Jenis Gulma di sekitar Pertanaman Cabai Sebagai
Tumbuhan Inang Trips (Thysanoptera:Thripidae) telah dilakukan di Nagari Pakan
Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja jenis gulma di sekitar pertanaman cabai sebagai tumbuhan inang trips (Thripidae : Thysanoptera). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gulma apa saja yang dijadikan inang sementara oleh hama trips. Jenis penelitian ini adalah eksplorasi yang dilakukan di sekitar areal pertanaman cabai dengan luas 50 x 25 meter yang berumur 2 dan 3 bulan yang belum disiangi dan belum diberi pestisida serta ditanam tanpa menggunakan mulsa. Data mengenai gulma dan trips yang didapatkan berupa data primer dan dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan kunci determinasi flora lengkap yang dibuat oleh Nastiti dkk, sedangkan untuk trips yang didapatkan diverifikasi di Laboratorium Pengamatan Hama Penyakit dan Pengembangan Agens Hayati Bukittinggi. Hasil penelitian didapatkan 22 spesies gulma yang termasuk kedalam 13 famili. Selanjutnya, didapatkan 3 spesies gulma yang menjadi inang dari hama trips, yaitu: Galinsoga parviflora, Rorippa indica, dan Physialis angulata. Kemudian, jenis gulma yang ditemukan di sekitar pertanaman cabai ini adalah: Mimosa pudica dari famili Fabaceae, Ageratum conyzoides, Galinsoga parviflora, Bidens pilosa, dan Gynura crepidioides dari famili Asteraceae, Cyperus kyllingia dan Cyperus rotundus dari famili Cyperaceae, Imperata cylindrica, Leptochloa chinensis, Cynodon dactilon, dan Paspalum conjugatum dari famili Poaceae, Portulaca oleracea dari famili Portulaceae, Lophaterum sp dan Eleusine indica dari famili Graminae, Rorippa indica dari famili Brassicaceae, Euphorbia hierta L. dan Phyllanthus niruri dari famili Euphorbiaceae, Physialis angulata dari famili Solanaceae, Hibiscus sp. dari famili Malvaceae, Amaranthus sp dari famili Amaranthaceae, Colocasia esculenta dari famili Araceae, dan Oxalis corymbosa dari famili Oxalidaceae.
Kata kunci: Gulma tanaman cabai, inang Trips.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dibriyantoro, Anna Laksanawati H. 1998. Thrips Pada Tanaman Sayuran. Lembang: Balai Penelitian Tanaman Sayuran Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Istiningdyah, Andini. 2010. Laporan Dasar-Dasar Perlindungan Tanaman

"Pengenalan Gulma " .

Http ://istiningdyah.blogspot.co.id/2010_07_18_archive.html. Diakses April 2015. Johari, Asni dan Sartiami, Dewi. 2013. Keanekaragaman Spesies Pemangsa Thrips (Thysanoptera:Thrypidae) Di Sekitar Pertanaman Cabai (Capsicum annuum L.) Di Dataran Rendah Dan Di Lahan Lebak Wilayah Jambi. Jurnal Lahan Suboptimal 2(1): 28-34.

Notosandjojo, Pardjo. 2012. Peran Perlindungan Tanaman Dalam Budidaya Pertanian Pada Era Globaliasi. Http://Materi%20kuliah%20perlindungan%20tanaman%20_%20pardjons.Htm. Diakses April 2015.

Sastrapradja, Setijati dan Afriastini, Johar Jumiati. 1980. Jenis Rumput DataranRendah. Bogor : Lembaga Biologi Nasional LIPI.

Tobing M. 1996. Biologi dan Perkembangan Populasi Thrips Palmi Karny

(Thysanoptera : Thripidae) Pada Tanaman Kentang. Disertasi. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Zaryati. 1992. Biologi Thrips Parvispinus Karny (Thysanoptera : hripidae) Pada Tanaman Cabai Keriting ( Capsicum annum L ). Skripsi. Bogor : Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.33559/pertanian%20umsb.v2i1.1152

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Visitor Number : Web
Analytics Kunjungan Saat Ini

 

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.