INTENSITAS SERANGAN RAYAP PADA BANGUNAN MUSEUM ADITYAWARMAN KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT

Ravia Siska, Desyanti Desyanti, Fakhruzy Fakhruzy

Sari


Museum Adityawarman sebagian kontruksinya berbahan baku kayu sehingga diperkirakan akan menjadi salah satu bentuk habitat yang ditempati rayap, sedangkan Museum Adityawarman dijadikan masyarakat sekitar sebagai kawasan rekreasi yang sering dikunjungi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan dan tingkat serangan rayap pada bangunan Museum Adityawarman Kota Padang. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Museum Adityawarman Kota Padang pada bulan Oktober - Desember 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bagian-bagian kontruksi pada bangunan yang diserang rayap ialah bagian jendela dan dinding bagian luar pada bangunan dengan presentase kerusakan bagian jendela adalah 0,33% dan presentase pada bagian dinding 4,65%. Sumber infeksi rayap yang menyerang pada bangunan bersumber dari tumpukan serasah dedaunan yang memiliki kondisi sangat lembab dan sarang rayap pada tanah yang berbentuk gundukan pada permukaan batang pohon yang berada di sekitar bangunan. Untuk intensitas serangan rayap pada umpan didapatkam hasil persentase penurunan berat umpan sebesar 13,05 %. Penilaian presentase penurunan berat umpan pada contoh uji grave yard test , presentase kerusakan Museum Adityawarman masuk kedalam kriteria serangan ringan. Adapun jenis rayap yang menyerang pada bangunan ini ialah rayap kayu kering dari family Kalotermitidae dan rayap tanah dari family Rhinotermitidae.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aini N. 2005. Perlindungan Investasi Kontruksi Terhadap Serangan Organisme Perusak. Pusat Penelitian dan Pengembangan Pemukiman Badan Penelitian dan Penegembangan Pekerjaan Umum, Bandung

Nandika D, Rismayadi Y, Diba F. 2015. Rayap: Biologi dan Pengendaliannya. (ID): Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Romaida. 2002. Kerugian Ekonomis Akibaat Serangan Rayap dan Intensitas Serangannya pada Bangunan Rumah di Kota Cirebon. Skripsi Jurusan Teknologi Hasil Hutan. Fakultas Kehutanan UNWIM. Jatinagor.

Rudini. 2012. Pengertian Bangunan. http://www.rudiniaciel.com/2012/05/pengertian-bangunan-gedung.html (diakses pada 5 November 2014).

Sornnuwat, Y., Vongkaluang, C., and Takematsu, Y., 1995, A Systematic Key to Termites of Thailand, Kasetsart. Journal of Natural Science 38: 349-368.


Article Metrics

Sari view : 247 times
PDF - 163 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Diterbitkan oleh Fakultas Kehutanan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Jl. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah - Padang - Sumatera Barat