PENGARUH PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP ALIRAN PERMUKAAN DAN EROSI DI DAS SIGUNTUR MUDA KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

Hayatul Fikri, Firman Hidayat, Teguh Haria Aditia Putra

Sari


Salah satu kawasan DAS Kabupaten Pesisir Selatan yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah DAS Siguntur Muda. DAS ini mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari karena mempunyai fungsi; Ekologi, Sosial dan Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: tingkat erosi dan aliran permukaan terhadap penggunaan lahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan metode survey. Penelitian ini menggunakan plot (petak kecil) yang berukuran 5 x 2 meter dengan luasan lahan sebesar 1 Ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa curah hujan yang dihasilkan tertinggi terdapat pada tanggal 20/02/2021 yaitu 0,122 mm. Aliran permukaan yang didapatkan sebesar 190 ml, erosi yang dihasilkan pada kebun campuran sebesar 4,2 Ton/Ha pada kebun gambir aliran permukaan yang didapakan sebesar 280 ml, erosi yang didapatkan sebesar 6,2 Ton/Ha, dan pada lahan kosong aliran permukaan yang didapatkan sebesar 960 ml, erosi yang didapatkan sebesar 16,6 Ton/Ha. Curah hujan menengah yang didapatkan terdapat pada tanggal 24/02/2021 yaitu 0,091 mm. Aliran permukaan yang didapatkan sebesar 190 ml, erosi yang dihasilkan pada kebun campuran sebesar 4,2 Ton/Ha pada kebun gambir aliran permukaan sebesar 280 ml, erosi yang didapatkan sebesar 6,2 Ton/Ha, dan pada lahan kosong aliran permukaan sebesar 960 ml, erosi yang didapatkan sebesar 16,6 Ton/Ha.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad S. 2010. Konservasi Tanah Dan Air. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Barlian E, Iswandi.2012. Disribusi Erodibilitas Tanah pada Upper DAS Batang Air Dingin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. [Tesis]. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Padang. Padang.

Mune Hoong. 2010. Kajian Tingkat Bahaya Erosi (TBE) Pada Penggunaan Lahan Tanaman Pangan (Ubi Kayu) di Kebun Percobaan USU Kwala Bekala. Fakultas Pertanian Sumatera Utara, medan.

Oktavia, W, 2018. Sedimentasi dan Aliran Permukaan terhadap Penggunaan Lahan di Nagari Alahan Panjang Kabupaten Solok. STKIP Ahlusunnah Bukittinggi.

Republik Indonesia, 1999. Undang- Undang Republik Indonesia No.41. Tahun 1999 Tentang Kehutanan. Lembaran Negara RI Tahun 1999. Presiden Indonesia.

Suroso. 2006. Analisis Curah Hujan untuk Membuat Kurva Intensity Duration Frequency (IDF) di Kawasan Rawan Banjir Kabupaten Banyumas. Jurnal Teknik Sipil Vol. 3.


Article Metrics

Sari view : 195 times
PDF - 151 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Diterbitkan oleh Fakultas Kehutanan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Jl. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah - Padang - Sumatera Barat