POTENSI TUMBUHAN OBAT DI HUTAN PENDIDIKAN FAKULTAS KEHUTANAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT

Febi Ananda Putra, Desyanti Desyanti, Susilastri Susilastri

Sari


Tumbuhan obat termasuk kedalam Hasil Hutan Bukan Kayu yang sering dijumpai pada hutan. Tumbuhan obat juga terdapat pada Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang berlokasi di Institut Nasional Sjafei (INS) Kayutanam Nagari Kayutanam Kecamatan 2 x 11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilakukan penelitian pada bulan November sampai bulan Desember 2020. Objek yang diteliti yaitu tumbuhan obat yang terdapat di lokasi tersebut yang bertujuan untuk mengetahui potensi serta manfaatnya bagi masyarakat sekitar. Penelitian dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Metode observasi lapangan menggunakan teknik Purposive Sampling dengan membuat plot berukuran 20 m x 20 m dalam 5 jalur yang masing-masing jalur berjumlah 10 plot dilanjutkan dengan metode wawancara menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menemukan 42 jenis tumbuhan obat yang tergabung dalam 34 famili. Tumbuhan obat dengan kerapatan tertinggi adalah Putri Malu (Mimosa pudica) yang berasal dari famili Mimosaceae dengan nilai kerapatan 45 individu/ha dan kerapatan relatif 17,892 %. Nilai keanekaragaman spesies tumbuhan obat sebesar 2,815 atau 1< H’ <3 yang berarti dikategorikan kedalam tingkat sedang. Tumbuhan obat yang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar yaitu Durian (Durio zibethinus), Bungo Rayo Putih (Hibiscu crosasinensis) dan Mahoni (Switenia mahagoni) sebagai obat-obatan yang dipercayai menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 1999. Undang-Undang No. 41 Tahun 1999 tentang; Kehutanan. Departemen Kehutanan RI. Jakarta.

Arnold, Herman, H dan Sustri. 2017. Keanekaragaman Jenis dan Pemanfaatan Tumbuhan Obat di Kawasan Hutan Taman Nasional Lore Lindu di Desa Mataue Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi. Warta Rimba. Vol.5 No.1 Hal 71

BPOM. 2004. Merkuri dan Bahayanya Bagi Kesehatan. Vol 5(4) hal 1-2

Dalimartha, S. 2005. Tanaman Obat di Lingkungan Sekitar. Jakarta: Penerbit Puspa Swara.

Ernikawati. Zuhud, E.A.M dan Santosa, Y. 2017. Pendugaan Potensi Tumbuhan Obat di Hutan Lindung Jompi Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara. Media Konservasi. 22 (1): 42-48.

Indriyanto. 2005. Ekologi Hutan. Bumi Aksara. Jakarta.

Sari, D. N. Fitra, W. Maulida, A. M dan Muslich, H. 2018. Analisis Vegetasi Tumbuhan dengan Metode Transek (Line Transect) di Kawasan Hutan Deudap Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Biologi FTK UIN. Banda Aceh.

Wijayakusuma, H. 1994. Tumbuhan Berkhasiat Obat Indonesia. Hal 93-97. Prestasi Intan Indonesia. Jakarta.


Article Metrics

Sari view : 379 times
PDF - 348 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Diterbitkan oleh Fakultas Kehutanan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Jl. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah - Padang - Sumatera Barat