PERAN LEMBAGA PENGELOLA HUTAN NAGARI (LPHN) PULAKEK KOTO BARU KECAMATAN SUNGAI PAGU KABUPATEN SOLOK SELATAN DALAM PENGEMBANGAN LEBAH MADU KELULUT (Trigona itama)

Dian Gusnila Sari, Yumarni Yumarni, Marganof Marganof

Sari


Hutan Nagari (sebutan Hutan Desa di daerah Sumatera Barat) adalah Hutan Negara yang dikekola oleh nagari dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan nagari. Tujuan pembentukan Lembaga Pengelola Hutan Nagari (LPHN) untuk mempermudah masyarakat memperoleh manfaat dari kawasan hutan, baik manfaat lingkungan maupun ekonomi. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran LPHN Pulakek Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan dalam peningkatan perekonomian masyarakat. Penelitian dilakukan pada bulan November-Desember 2021. Metode yang dipakai menggunakan metode Total Sampling, dengan cara mewawancarai masyarakat berdasarkan pemahaman terkait dengan keberadaan Hutan Nagari Pulakek Koto Baru. Program yang ada di LPHN Pulakek Koto Baru yaitu program HHBK dan jasa lingkungan. Program HHBK seperti budidaya lebah madu kelulut, budidaya lebah madu sialang, pengembangan serai wangi, pengembangan rotan dan manau. Sedangkan program jasa lingkungan yaitu pengelolaan Air Terjun Timbulun Sembilan Tingkat Koto Birah serta program pendukung seperti PLTMH dan Pamsimas. Program yang ada di LPHN Pulakek Koto Baru ini masyarakat hanya dijadikan pekerjaan sampingan oleh masyarakat. Peran LPHN saat ini dapat mambantu masyarakat yang awalnya sangat bergantung pada hasil hutan kayu, mulai berkurang dengan adanya program yang ada di LPHN, meskipun ada beberapa program yang sempat terhenti seperti budidaya Madu Sialang, pengembangan serai wangi dan pengembangan rotan dan manau.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daulay, R. S. 2021. Pengembangan Potensi Wisata Air Terjun Ponot di Kabupaten Asahan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Medan.

Fitriyana, E. 2018. Persepsi Pemuda Tani terhadap Pekerjaan sebagai Petani di Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Agritexts, 42(2), pp. 119–132.

Fitri, M. 2022. Valuasi Ekonomi Pengolahan Rotan Manau di Hutan Lindung Bukit Barisan (Studi Kasus di Kelompok Tani Hutan Putra Andam Dewi Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia Kecamatan Koto IX Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi. Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Padang

Harahap, H. M. 2014. Analisis Finansial dan Pemasaran Pakkat dari Rotan Seel (Daemonorops melanochaetes Bl.) di Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara. Peronema Forestry Science Journal, 3(2), 162684

Khadavi, M. 2021. Sistem Pola Tanam dan Manfaat Ekonomi Agroforestry di Lembaga Pengelolaan Hutan Nagari Sungai Buluh Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi. Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Padang.

Karmini, P. P. E. A. N. L. 2012. Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga, dan Pendidikan terhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Miskin Di Kecamatan Gianyar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 1(1), pp. 39–48.

Rungkat, J. S. 2020. Pengaruh Pendidikan, Jumlah Anggota Keluarga dan Pengalaman Kerja terhadap Pendapatan Rumah Tangga di Kabupaten Minahasa. Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah, 21(3), pp. 1–15.

Tanjung, N. S. 2017. Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Hutan Nagari di Sumatera Barat. Jurnal Penyuluhan, 13(1), p. 14.

Vaulina, S. 2019. Analisis Usaha dan Pemasaran Madu Kelulut di Kabupaten Kampar. Jurnal Dinamika Pertanian, 25(3), p. 151-162.

Yanti, Z. 2019. Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga dan Tingkat Pendidikan terhadap Konsumsi Rumah Tangga di Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe. Jurnal Ekonomika Indonesia, 8(2), p. 72.


Article Metrics

Sari view : 723 times
PDF - 227 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Diterbitkan oleh Fakultas Kehutanan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Jl. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah - Padang - Sumatera Barat