SEBARAN SPASIAL ANDALAS (Morus macroura Miq.) DI KAWASAN HUTAN KONSERVASI TAMAN NASIONAL KERINCI SEBLAT

Delaja Alhadi, Zulmardi Zulmardi

Sari


Penelitian mengenai sebaran spasial Andalas di Zona Pemanfaatan Danau Bukit Bontak bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebaran Andalas di kawasan tersebut dan bagaimana komposisi vegetasi di sekitarnya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2018 dengan menggunakan metode Line Transek berbentuk jalur, dimana jalur penelitian dibuat sebanyak 3 jalur, dan Metode plot Purposive Random Sampling dimana petak ditentukan oleh peneliti, yang mana petak tersebut memiliki individu Andalas di dalamnya, petak dibuat dengan ukuran 20x20m, 10x10m, 5x5m, sebanyak 26 plot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Andalas yang dijumpai sebanyak 44 individu dengan komposisi tingkat pohon 10 individu, tiang 29 individu, dan pancang 5 individu sementara tingkat anakan ataupun semai tidak ditemukan, Andalas mulai ditemukan pada ketinggian 1.000 m.dpl sampai dengan 1.250 m.dpl, komposisi vegetasi di sekitar Andalas berjumlah 34 jenis tumbuhan. Nilai INP tertinggi tingkat pohon adalah Pasang Batu (Quercus induta) 57.18%, INP tertinggi tingkat Tiang Andalas (Morus macroura) 40,84%, nilai INP tertinggi dari tingkat pancang adalah Bandetan 80.50%. Nilai INP dari tingkat pohon tiang dan pancang menunjukkan bahwa Andalas tidaklah dominan pada lokasi penelitian, sehingga perlu perhatian bersama untuk kelestarian Andalas selanjutnya, selain itu diperlukan penelitian lanjutan di sekitar kawasan untuk mengetahui sebaran spasial Andalas secara menyeluruh.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mahdane, A. (2013). Potensi Andalas (Morus macroura Miq.) Di Tanah Ulayat Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.Bogor: [Skripsi]. Departemen Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor.

Indriyanto, I. (2006). Ekologi Hutan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jawanti, S. (2006). Studi Variasi Morfologi Andalas (Morus macroura, Miq) di Sumatera Barat. Padang: [Skripsi]. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas.

Renfiyeni. (2006). Studi Fenologi Bunga dan Perkecambahan Benih Tanaman Andalas (Morus macroura Miq). Padang: Artikel Ilmiah,Bab I.

Yusfita, E. (2008). Kajian Etnobotani Pohon Andalas (Morus macroura, Miq). Padang: [Tesis].Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas.


Article Metrics

Sari view : 443 times
PDF - 279 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Diterbitkan oleh Fakultas Kehutanan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Jl. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah - Padang - Sumatera Barat