POPULASI Rafflesia DI CAGAR ALAM MANINJAU NAGARI BARINGIN KECAMATAN PALEMBAYAN KABUPATEN AGAM

Annisa Firdaus, Yumarni Yumarni

Sari


Rafflesia merupakan salah satu tumbuhan dengan sifat unik dan sekaligus menyimpan misteri bagi ilmu tumbuh-tumbuhan. Indonesia mempunyai kekayaan Rafflesia yang paling banyak di dunia, dimana Rafflesia tidak ditemukan disembarang tempat, namun hanya dapat ditemukan di daerah yang dekat dengan sumber air dari ketinggian 5 - 1400 meter di atas permukaan laut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peta sebaran Rafflesia, populasi Rafflesia dan Individu Rafflesia. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Mei 2018 di Cagar Alam Maninjau Nagari Baringin Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan membuat petak contoh yang berukuran 25 × 25 meter sebanyak 16 plot hingga menjadi seluas 1 hektar, dengan cara mengukur diameter knop, scar, dan kutil atau bisul dan menghitung jumlah individu Rafflesia tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah sebaran Rafflesia hanya terdapat pada plot 1 dan 2 dengan jumlah populasi sebanyak 4 populasi dengan jumlah individu pada populasi 1 sebanyak 9 Individu, populasi 2 sebanyak 6 individu, populasi 3 sebanyak 13 individu dan pada populasi 4 sebanyak 7 individu. Jenis individu yang ditemukan berupa kutil, knop, scar dan bunga busuk.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonymous. 1999. Peraturan Pemerintah RI Nomor 7 Tahun 1999 Tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Biro Peraturan Perundang-Undangan I. Jakarta.

Anonymous 1990. Undang-Undang RI No. 5 tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya. Biro Hukum dan Perundang-Undangan. Jakarta.

Hikmat Agus, Suwartini, R, dan Zuhud. 2008. Kondisi Vegetasi dan Populasi Raflesia patma blume di Cagar Alam Leuweung Sancang.Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan IPB. Kampus Darmaga Bogor. Bogor. Vol. 13, No. 3.

Mursidawati S. 2015. Morphology of fruits and Seeds of Rafflesia patma and R. arnoldii. Buletin Kebun Raya 15 (1): 21-30. Indonesian.

Nais, J. 2001. Rafflesia of the World. Perpustakaan Negara Malaysia. Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia.

Susatya, A. 2011. Rafflesia Pesona Bunga Terbesar di Dunia.Diterbitkan oleh Direktorat Kawasan Konservasi dan Bina Hutan Lindung dengan Pendanaan dari DIPA 029 TA 2011. Jakarta.


Article Metrics

Sari view : 590 times
PDF - 798 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Diterbitkan oleh Fakultas Kehutanan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Jl. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah - Padang - Sumatera Barat