PENGARUH KESESUAIAN UPAH, TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN KERJA DAN MANAJERIAL TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAAN PASANGAN BATA PEMBANGUNAN GIS 150 kV KOTA PADANG

Yessy Yusnita, Leli Honesti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh variabel kesesuaian upah, tingkat pendidikan, pengalaman kerja dan manajerial terhadap variabel produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan pasangan bata pembangunan GIS 150 kV kota Padang. Metode penelitiannya menggunakan mengunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah populasi sebanyak 10 tenaga kerja.  Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, dimana koefisien determinasi (R), uji-t, uji-F dianalisa secara regresi multiples dengan menggunakan Software SPSS 21. Dari hasil analisis diperoleh bahwa variabel manajerial mempunyai pengaruhterhadap variabel produktivitas tenaga kerja, variabel kesesuaian upah tidak mempunyai pengaruh terhadap variabel produktivitas tenaga kerja, variabel pengalaman kerja berpengaruh terhadap variabel produktivitas tenaga kerja dan variabel tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap variabel produktivitas tenaga kerja. Kemudian, dari hasil  uji-F diperoleh bahwa tingkat pendidikan, kesesuaian upah, pengalaman kerja dan manajerial berpengaruh secara signifikan terhadap variabel produktivitas tenaga kerja dengan nilai 5,308. Sedangkan dari hasil uji koefisien determinasi (R) diperoleh hasilnya adalah 90%, yang mana ini menunjukkan bahwa  produktivitas kerja tenaga kerja dipengaruhi oleh variabel manajerial, kesesuaian upah, pengalaman kerja dan tingkat pendidikan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardana. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arshad, M. N. dan M. Z. (2015). Quality of Human Capital and labor Productivity: a Case of Malaysia. International Journal of Economics, 1(1), 37–55.

Frederika, A. (2010). Analisis Percepatan Pelaksanaan Dengan Menambah Jam Kerja Optimum Pada Proyek Konstruksi. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 14(2).

Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit.

Harlan J. (2018). Analisis Regesi Linear. Penerbit : Gunadarma. Pp : 13-20.

Kasmadi & Nia Siti.S. (2014). Panduan Modern Penelitian Kuantitaif. Bandung: Alfabeta.

Labombang, M. (2011). Manajemen Risiko Dalam Proyek Konstruksi. SMARTek, 9(1).

Moses, M. (2012). Analisis Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua. Media Riset Bisnis & Ma_najemen, 12(1), 18–36.

Nasrum, A. (2018). Uji Normalitas Data Untuk Penelitian. Jayapangus Press Books.

Ofyar Z dan Tamrin. (2013). Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Penerbit ; ITB Bandung.

Putri dan Kusreni. (2017). Analisis Pengaruh Tingkat Kesehatan, Tingkat Pendidikan, dan Upah Ter_hadap Produktivitas Tenaga Kerja di Indonesia. JIEP, 17(2), 67–77.

Samsuni. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(1), 113–124.

Saputra R, Anggraini R, I. (2017). Analisa faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Moda Menuju Tempat Kerja Menggunkan Metode Analiytic Hierachy Process. Jurnal Teknik Sipil Universitas Syah Kuala, 1(1), 199–218.

Sinungan, M. (2008). Pro_duktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Widjarjono, A. (2010). Analisis Statistika Multivariat Terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v5i1.2712

Article Metrics

Sari view : 870 times
PDF - 608 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.