ANALISIS APLIKASI E-LEARNING STMIK INDONESIA PADANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PENDEMI COVID-19 DENGAN METODE USABILITY

Arman Arman, Zainul Efendy, Joni Eka Candra, Very Karnady

Sari


Sekarang ini seluruh dunia lagi di gemparkan oleh Virus Corona COVID 19, negara Indonesia umumnya dan sumbar khususnya juga tidak luput juga kena virus tersebut, virus corona ini merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Dengan adanya Covid-19 mengakibatkan perobahan dalam tatanan kehidupan dalam segala bidang, salah satunya dalam pendidikan, selama ini proses belajar dilakukan tatap muka denga adanya virus ini, poses perkuliahan dilakukan secara online. Di STMIK Indonesia untuk mengatasi hal tersebut perkuliahan juga di lakukan secara online, salah satu menggunakan aplikasi E-lerning. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana menganalisa kualitas e-learning STMIK Indonesi Padang sebagai media pembelajaran jarak jauh di masa pendemi Covid-19 dengan metode Usability, selain itu juga menganalisa seberapa mudah e-learning ini digunakan dalam pembelajaran jarak jauh ini, sehingga proses perkuliahan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan yang diingankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis usability. Hasil penelitian User Interface E-learning STMIK Indonesia Padang termasuk kategori baik, hal ini ditunjukkan dengan sebagian besar jawaban kuisoner menunjukkan nilai diatas rata-rata sebesar 3 dengan kriteria baik. Dan juga E-learning STMIK Indonesia Padang memiliki tingkat usability diatas nilai rata-rata, User Interface sudah user friendy, mudah digunakan masing-masing faktor usability seperti lernability nilaiinya 3,22, effisensi nilai rata-ratanya 3,39, nilai memoralbilitynya 3,55, kemudian error nilai rata-ratanya 3,44 dan satisfaction 3,67.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M. P. D. K. V. R. Indonesia and Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020.

Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri, “Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah : Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

Kemenkes RI, “Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/239/2020 tentang Penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Wilayah Provinsi DKI Jakarta dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-2019).” 2020.

Mendikbud, “Permendikbud No 07 Tahun 2020 tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta,” 2020.

H. Budiman, “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan,” Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. 1, p. 31, 2017, doi: 10.24042/atjpi.v8i1.2095.

M. P. D. K. R. Indonesia and Surat, Edaran Nomor 4 Tahun 2O2O Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid- 1 9). 2020.

M. Iksal, Penetrasi Internet di Indonesia Capai 64 Persen, vol. 21, no. 1. 2020.

H. Permadi, “Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif,” J. Transform. Vol. 9, No. 2, Januari 2012 72 – 78, no. September, pp. 72–78, 2017.

I. M. Rumengan et al., “Pembelajaran Daring Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Sipil Negara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Papua Barat,” Pembelajaran Daring Pendidik. dan Pelatih. Apar. Sipil Negara Badan Pengemb. Sumber Daya Mns. Papua Barat, vol. 14, no. 3, pp. 303–312, 2019, doi: 10.35793/jti.14.3.2019.24147.

M. Daerah and B. P. Sumatera, “Analisis Usability Pada Website Badan Promosi Dan Perizinan Penanaman Modal Daerah (BP3MD) Propinsi Sumatera Selatan,” Semin. Nas. APTIKOM (SEMNASTIKOM), Hotel Lomb. Raya Mataram, pp. 28–29, 2016.

R. Pakpahan and Y. Fitriani, “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Researh, vol. 4, no. 2, pp. 30–36, 2020.

W. Sari, A. M. Rifki, and M. Karmila, “Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19,” J. MAPPESONA, no. 1, p. 12, 2020.

Mohammad Siddik, “Pengembangan model Pembelajaran Deskripsi,” pp. 72–78, 2018.

R. M. Napitupulu, “Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh,” vol. 7, no. 1, pp. 23–33, 2020.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v4i1.2250

Article Metrics

Sari view : 634 times
PDF - 396 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.