KESIAPSIAGAAN RUMAH TANGGA TERHADAP BENCANA BANJIR DI KELURAHAN GUNUNG LINGAI KECAMATAN SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA

Santi Yatnikasari, Muhammad Noor Asnan, Fitriyati Agustina

Sari


Kesiapsiagaan adalah proses manajemen bencana, yang merupakan salah satu elemen penting dari kegiatan pencegahan pengurangan resiko bencana. Banyaknya korban dan kerugian besar pada bencana banjir menggambarkan kurangnya pengetahuan yang dimiliki seseorang dan sikap yang dilakukan sebagai upaya anstisipasi dan pengurangan resiko bencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan sikap tentang resiko bencana banjir terhadap kesiapsiagaan kepala keluarga dalam menghadapi bencana banjir di kelurahan Gunung Lingai kecamatan Sungai Pinang kota Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah perwakilan rumah tangga yang berada didaerah rawan banjir. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dan teknik pengambilan data adalah dengan pengisian kuesioner, wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teori yang digunakan mengacu pada kesiapsiagaan dari LIPI-UNESCO (2006) yang terdiri dari empat parameter yakni pengetahuan dan sikap, sistem peringatan bencana, rencana tanggap darurat dan mobilisasi sumber daya. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan kepala keluarga yang merupakan bagian dari masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengetahuan dan kesiapsiagaan tentang bencana banjir. Kedepannya penelitian ini juga dapat digunakan oleh pemerintah kota Samarinda dan memberikan pandangan bagi instansi yang berkepentingan dalam upaya pengembangan pendidikan bencana terutama dalam meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi banjir.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.

Aryono, D.P. (2011). The Silent Disaster Bencana dan Korban Massal. CV. Sagung Seto. Jakarta.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (2012). Peraturan Kepala BNPB No.02 Tahun 2012 Tentang Pedoman Umum Pengkajian Risiko Bencana. Jakarta.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Samarinda (2012). Peta Kawasan Rawan Bencana Banjir Dan Tanah Longsor Kota Samarinda.

Bakornas PB (2007). Pengenalan Karakteristik Bencana dan Upaya Mitigasinya di Indonesia. Jakarta : Badan Nasional Penanggulangan Bencana., Halaman 15-24, Mei 2017.

Devi Erlia (2017), Kesiapsiagaan Masyarakat dan Pemerintah Menghadapi Bencana Banjir di Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol.4 No.03.

Dodon (2013). Indikator dan Perilaku Kesiapsiagaan Masyarakat di Permukiman Padat Penduduk Dalam Antisipasi Berbagai Fase Bencana Banjir. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota Vol. 21 No. 2. Agustus 2013.

Fatiya Rosyida, Khofifatu Rohmah Adi, Studi Eksplorasi Pengetahuan dan Sikap terhadap Kesiapsiagaan Bencana Banjir di SD Pilanggede Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, Vol.2 No.1 April 2017, P ISSN 2503 – 1201, E ISSN 2503 – 5347.

Firmansyah., Iman. (2014). Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Bencana Banjir dan Longsor pada Remaja Usia 15-18 tahun di SMA Al-Hasan Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Artikel ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa 2014.

Ibnu Murbawan, Amar Ma’ruf, Abdul Manan, Kesiapsiagaan Rumah Tangga Dalam Mengantisipasi Bencana Banjir di Daerah Aliran Sungai (DAS) Wanggu (Studi Bencana Banjir di Kelurahan Lepo-Lepo Kota Kendari), Ecogreen Vol. 3 No.2, Halaman 59-69 ISSN 2407-9049, Oktober 2017.

Indawati, Lilik (2015). Analisis Tingkat Kerwanan Banjir dan Persepsi Masyarakat terhadap Upaya Pengurangan Dampak Banjir di Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Tesis. Surakarta : Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Jakaria,Y (2015). Mengolah Data Penelitian Kuantitatif Dengan SPSS. Bandung. CV. Alfabeta.

LIPI – UNESCO (2006). Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam mengantisipasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami, Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian Lembaga lmu Pengetahuan Indonesia, Jakarta.

Notoatmodjo, S (2005). Promosi Kesehataan : Teori dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Novian Andri Akhirianto (2018), Pengetahuan dan Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Banjir di Kota Bekasi (Studi Kasus : Perumahan Pondok Gede Permai), Jurnal Alami (e-ISSN : 2548-8635), Vol.2, No.1, Tahun 2018.

Sagala, S., Dodon., Wimbardana (2014). Adaptasi Non Struktural Penduduk Penghuni Permukiman Padat Terhadap Bencana Banjir Kabupaten Bandung. Jurnal Nasional Teknik Sipil.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta.

Sudjana (2015). Metode Statistika. Bandung. CV. Tarsito.

Susanto, A. B (2006). Disaster Management di Negara Rawan Bencana : Sebuah Pendekatan Strategic Management. Jakarta. The Jakarta Consulting Group.

Undang-undang N0.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31869/rtj.v4i1.2208

Article Metrics

Sari view : 144 times
PDF - 89 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

"Web Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Rang Teknik Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.