OPTIMALISASI KEWENANGAN DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PERMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP DI KOTA PADANG PANJANG DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI TEMPAT PENGELOLAAN AKHIR (TPA)

Defriandi Defriandi, Erry Gusman, Syahril Syahril

Sari


Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah Kota Padang Panjang Nomor 8 Tahun 2013, mengamanatkan bahwa pengelolaan sampah harus dilakukan secara terpadu dari hulu sampai ke hilir agar dapat memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan serta dapat merubah perilaku masyarakat. Oleh karenanya, untuk mewujudkan hal tersebut Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Lingkungan Hidup Kota Padang Panjang memiliki tanggungjawab dalam pelaksanaannya. Namun, faktanya amanat dari peraturan daerah tersebut belum terwujud. Hal ini dibuktikan dengan semakin tidak terkendalinya jumlah timbunan sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sungai Andok, sehingga sejak Tahun 2019 sudah Overload. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi kewenangan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kota Padang Panjang dalam pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir berdasarkan Peraturan Daerah Kota Padang Panjang Nomor 8 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga serta kendala dan upaya penyelesaiannya. Adapun penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode pendekatan yuridis empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengelolaan sampah masih belum optimal. Kendala yang ditemui yaitu peraturan pelaksanaan dari peraturan daerah tentang pengelolaan sampah saat ini belum ada. Seharusnya dapat dibuat dalam bentuk peraturan walikota yang mengatur pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan dan pemprosesan akhir sampah, sampai dengan tentang pengomposan skala individual dan komunal. Upaya yang sudah dilakukan yaitu melalui kebijakan pelaksanaan Bank Sampah, Pengomposan dan Daur Ulang serta melakukan kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang dalam melaksanakan edukasi pentingnya pengolahan sampah bagi siswa di sekolah-sekolah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku-buku

Agoes Soegianto, 2010, Ilmu Lingkungan: Sarana Menuju Masyarakat Berkelanjutan, Surabaya: Airlangga University Press.

Indroharto, 2002, Usaha Memahami Peradilan Tata Usaha Negara, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Soerjono Soekanto, 2008, Pengantar Penelitian Hukum, Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press).

Umar Husein, 2005, Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi, Edisi Revisi, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Artikel

Elly Yoana Susanti, dkk. 2016. Analisis Faktor Penghambat penerapan Kebijakan Sanitary Landfill Di TPA Jatibarang Semarang Sesuai Dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. Diponegoro Journal of Social and Political Of Science.

Firsti, Listya Darfyolanda. 2016. Pengaruh Komposisi Bahan Baku (Sampah Organik Pasar, Ampas Tahu Dan Rumen Sapi) Terhadap Kualitas Dan Kuantitas Kompos. Diploma thesis, Universitas Andalas.

Krismansyah, F. 2017. “Implementasi Perda Nomor 3 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah di Kelapa Gading Kota Administrasi Jakarta Utara”. Jurnal Sultan Ageng Tirtayasa : Serang.

Rahardjo dan Geovani. 2015. Satuan Timbulan, Komposisi, Karakteristik dan Potensi Daur Ulang Sampah Non Domestik Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Teknik Lingkungan UNAND. Vol. 12 (1): 27-37.

Ruslinda, Y, Abuzar, S. S, Aziz, R. 2011. Timbulan, Komposisi dan Potensi Daur Ulang Sampah dari Berbagai Sumber di Kota Padang. Jurnal Purifikasi Vol. 11 Nomor 2.

Susanti, E. Y., Dkk. 2016. “Analisis Faktor Penghambat penerapan Kebijakan Sanitary Landfill Di TPA Jatibarang Semarang Sesuai Dengan Undang-Undang No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah”. Journal Of Social And Political Of Science : Diponegoro.

Peraturan Perundang-undangan

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.

Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 21/PRT/M/2006 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan Sistem Pengelolaan Persampahan.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 03 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Prasarana Dan Sarana Persampahan Dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga Dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Peraturan Daerah Kota Padang Panjang Nomor 8 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga.


Article Metrics

Sari view : 100 times
PDF - 101 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Indexed By :