Upaya Guru dalam Mengembangkan Self Regulation Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 8 Padang

Tira Febriani, zulmuqim zulmuqim

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keyakinan diri yang dimiliki oleh peserta didik dalam kemampuannya menguasai pelajaran. Hal ini dikarenakan peserta didik  kurang menyadari kemampuan dan potensi mereka dalam berpikir. Peserta didik juga memiliki motivasi yang rendah. Terbukti dengan keributan di kelas, tidak mendengarkan pelajaran, Keadaan demikian memicu kurangnya peran aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Peserta didik juga menunjukkan perilaku yang tidak baik seperti suka bolos saat jam pelajaran, melanggar aturan yang sudah ditetapkan sekolah. Guru sudah berupaya untuk mengembangkan self regulation peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 8 Padang.Fokus penelitian adalah bagaimana upaya guru dalam mengembangkan self regulation peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 8 Padang. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah upaya guru dalam mengembangkan self regulation aspek metakognitif, motivasi, perilaku peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 8 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya guru dalam mengembangakan self regulation aspek metakognitif, motivasi, perilaku peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 8 Padang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Guru PAI, Peserta Didik, dan Wakil Kurikulum, yang diterapkan dengan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis melalui analisis kualitatif yaitu dengan urutan sebagai berikut: reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Upaya guru dalam mengambangkan dalam self regulation aspek metakognitif peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 8 Padang, bentuk aspek metakognitif ialah perencanaan, penetapantujuan, evaluasi. (2) Upaya guru dalam mengembangkan self regulation aspek motivasi peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 8 Padang, bentuk aspek motivasi ialah saling ketergantungan terhadap tugas, arah tujuan, kenyataan tugas. (3)Upaya guru dalam mengembangkan self regulation aspek perilaku peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 8 Padang, bentuk aspek perilaku ialah penguatan positif dan penguatan negatif.


References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V, Jakarta; Rineka Cipta, 2010

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta; Bumi Aksara, 2015

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta; Bumi Aksara, 2010

Hall, Nathan.Emotion, Motivation, And Sel Regulation, America: University Of Konstanz, 2013

Heru Basuki, dan Seto Mulyadi. Psikologi Pendidikan, Jakarta; PT. RajaGrafindo Persada, 2016

Jamaluddin, Pembelajaran PerspektifIslam, Bandung; PT Remaja Rosdakatya Offset, 2015, Cet. Ke 1, h. 30

Kristiyani, Titik. Self Regulated Learning, Konsep, Implikasi, dan Tantangannya Bagi Siswa di Indonesia, Yogyakarta; Sanata Dharma University Press, 2016

Moleong, J. Lexy. Metodoogi Penelitian Kualitatif, Bandung; PT. Remaja Rosda Karya, 2012

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta; Rajawali Pers, 2012

Mulyadi, Seto. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi, Jakarta; PT RajaGrafindo Persada, 2016

Nata, Abuddin. Psikologi Pendidikan Islam, Depok, Rajawali Pers, 2018

Ormard, Jeanne Ellis. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jakarta; Erlangga, 2008

Rahman, Psikologi Sosial, Jakarta; Raja Grafindo Persada, 2014

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta; Kalam Mulia, 2005

Risnawita, dan Ghufron. Teori-teori Psikologi, Yogyakarta; Ar Ruzz Media, 2012

Shihab, Quraish. Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an, Jakarta; Lentera Hati, 2002

Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung; Alvabeta, 2014

Susanto, Ahamd. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta; Kencana, 2013

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20Tahun 2003, Jakarta; Sinar Grafika, 2009




DOI: https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i1.2608

Article Metrics

Abstract view : 311 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 287 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

 Supported by Association 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.