Imlementasi Penggerakan Dakwah Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Tanah Datar

Thaheransyah Thaheransyah, Toni Pratama, Jasman Jasman

Sari


Abstrak
Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Tanah Datar merupakan organisasi keagamaan berkedudukan di Masjid Ihsan Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Memiliki daya tarik sebagai percontohan BKPRMI se-Sumatera Barat seperti pengoptimalan fungsi penggerakan dan maksimalnya kegiatan yang dirancang, serta efektifnya para pembina dakwah dalam kegiatan. Penelitain ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, lokasi penelitian di BKPRMI Tanah Datar. Jenis data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Informan sebagai sumber data primer penelitian ini adalah pengurus BKPRMI Tanah Datar, sedangkan data sekunder adalah arsip, dokumentasi dan lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian motivasi yang dilakukan oleh ketua BKPRMI Tanah Datar dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya memahami tugas dan fungsi masing-masing anggota agar tumbuh kesadaran diri untuk kerja lebih baik. Motivasi yang diberikan berupa pemberian penghargaan, sertifikat, dana, dan fasilitas untuk menunjang kesuksesan kegiatan yang dilakukan. Bimbingan yang diberikan berupa arahan, nasehat, dan bimbingan melalui pelatihan-pelatihan dan studi banding. Koordinasi ketua kepada anggota saling menghormati wewenang masing-masing, mendiskusikan dalam pemecahan masalah, ide, masukan dan kritikan. Penyelenggaraan komunikasi kepada anggota berbentuk tulisan dan lisan, komunikasi langsung dan tidak langsung, alat komunikasi berupa HP, sosial media, serta surat.
Kata Kunci : Implementasi, Penggerakan Dakwah, BKPRMI Tanah Datar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Rosyad Shaleh, Manajemen Dakwah, (Jakarta: Bulan Bintang, 1986)

Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga BKPRMI thn 2014

Hadari Nawawi dan Nini Martin, Penelitian Terapan, (Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1996)

Harahap, D. M. P. (2020). Peran Front Pembela Islam (FPI) Dalam Penggerakan Dakwah Di Kota Pekanbaru (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Husein Umar, Metode Untuk penelitian Skripsi dan Tesis, (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2007)

Ihda Sa'diyah, (Skripsi UIN Raden Intan Lampung 2017). Optimalisasi Fungsi Penggerakan Dakwah Pada Kampoeng Nasyid Tanjung Karang Bandar Lampung.

Joko subagyo, Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

Melyani, V., Yummil, Y., & Lestari, F. A. (jurnal Al-Hikmah; Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2020). Penggerakan Pelaku Dakwah pada Himpunan Da’i dan Muballigh Kota Bukittinggi.

Muhammad Munir dan Wahyu Illahi, Manajemen Dakwah, (Jakarta: Prenada Media, 2006)

Putri, S. H. (jurnal MD; Membangun Profesionalisme Manajemen Dakwah, 2019). Manajemen Dakwah Malam Bina Iman Dan Takwa: Studi Pada Program Pemerintahan Kota Solok Sumatra Barat.

Rahima Zakia, Manajemen Dakwah, (Jakarta: The Minangkabau Fundation, 2006)

Sugiyono , Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008)

Sondang, P. Siagian, Fungsi-Fungsi Manajerial, (Jakarta: bumi Aksara, 1989)


Article Metrics

Sari view : 93 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

                                                                               Jurnal ini terindeks :

          

               

                                           

                                                                           Flag Counter

                                                     Copyright © Fakultas Agama Islam UM SUMBAR