Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Pori Susanti

Sari


Penelitian ini berawal dari fenomena yang peneliti temukan di lapangan pada saat melakukan observasi khususnya di kelas V SD Negeri 09 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Pada saat proses pembelajaran berlangsung, sudah ada terlihat kontrol dari guru, hanya saja lebih fokus pada pengaturan peserta didik, sedangkan pengelolaan fisik kelas masih belum dilakukan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar IPA khususnya pada siswa kelas V. Tujuan penelitian yaitu; 1).Mengetahui gambaran pengelolaan kelas, 2).Mengetahui gambaran hasil belajar IPA di kelas V, 3).Mengetahui hubungan pengelolaan kelas dengan hasil belajar IPA kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 09 Talamau Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 18 orang, karena populasi dalam penelitian ini kecil dan kurang dari 100 orang, maka semua populasi dijadikan sampel, sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi.
Hasil penelitian ini yakni; 1).Pengelolaan kelas termasuk pada klasifikasi kurang baik, dengan mean 104,16 terletak pada interval 103 – 108 frekuensi 7 dan persentase 38,9%. 2).Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA berada pada klasifikasi rendah dengan mean 66,5 terletak pada interval 56 – 67 frekuensi 5 dan persentase 27,8%. 3).Terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SD Negeri 09 Talamau Kabupaten Pasaman Barat dengan nilai r hitung 0,499 besar dari r tabel 0,468.

Kata Kunci: Pengelolaan kelas, Hasil belajar, IPA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Karwati, Euis & Priansa. 2014. Manajemen Kelas ( Classroom Managemen) Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi. Cetakan kesatu. Bandung: ALFBETA, cv.

Mulyasa. 2013. Manjemen Pendidikan Karakter. Cetakan ke tiga. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudirman, Dkk. 2010. Ilmu Pendidikan Kurikulum, Program Pengajaran, Efek Instruksional dan Pengiring, CBSA, Metode Mengajar, Media Pendidikan, Pengelolaan kelas dan Evaluasi Hasil Belajar. Cetakan kelima. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat © Fakultas Agama Islam UMSB