Meningkatka Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV MIN Menggunakan Model Quantum Teaching

Dini Susanti

Sari


Abstrak
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah kegiatan dalam proses belajar mengajar di MIN guru kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga menimbulkan kebosanan dan pembelajaran bermakna. Guru kurang mengunakan metode yang bervariasi, sehingga pembelajaran kurang menarik, belum pernah diterapkan model Quantum Teaching dalam proses pembelajara IPS, rendahnya hasil belajar IPS. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu diterapkan model pembelajaran Quantum Teachingsebagai salah satu model pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam belajar memahami materi pelajaran dan menjadikan proses pembelajaran tidak membosankan, diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Bagaimana penerapan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunkan pendekatan kuantitatif dan kulitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MIN 1 Kota Padang, dengan jumlah siswa 32 siswa 17 orang lai-laki dan 15 orang perempuan tahun ajaran 2019/2020, penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Keberhasilan dalam penelitian ini mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Dimana hasil RPP siklus I dengan nilai 71,25% pada siklus II dengan nilai 88,75% dari aspek guru pada siklus I dengan nilai 81,95% pada siklus II dengan hasil 90,28% Dari aspek siswa siklus I dengan nilai 80,55% pada siklus II dengan nilai 88,86%. Hasil belajar pada siklus I hal ini menunjukan bahwa diperoleh nilai rata-rata 72,83% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,43% dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Quantum Teaching

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat © Fakultas Agama Islam UMSB