GAMBARAN PENGETAHUAN IBU BALITA USIA 3-5 TAHUN TENTANG STUNTING

Betristasia Puspitasari, Erma Herdyana

Sari


Pendahuluan: Stunting (kerdil) adalah kondisi dimana balita memiliki panjang atau tinggi badan yang kurang jika dibandingkan dengan umur.  Pengetahuan ibu merupakan salah satu faktor yang berkaitan dengan kejadian stunting. Dengan adanya pengetahuan yang baik, ibu dapat memberikan pola asuh yang tepat sehingga dapat mencegah terjadinya stunting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu balita tentang stunting. Metodologi:  Metode dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dengan populasi penelitian seluruh ibu balita usia 3-5 tahun di TK Dharma Wanita Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 32 orang. Teknik sampling menggunakan Total Sampling. Pengolahan data meliputi editing, coding, scoring dan tabulating kemudian dipresentasekan. Hasil: Dari hasil penelitian gambaran pengetahuan ibu balita usia 3-5 tahun tentang stunting dengan total responden sebanyak 32 responden  menunjukkan bahwa  9 responden (28,13%) memiliki pengetahuan baik,  17 responden (53,12%) memiliki pengetahuan cukup, dan 6  responden (18,75%) memiliki pengetahuan kurang. Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan cukup tentang stunting. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya peran serta pemerintah melalui tenaga kesehatan dalam memberikan penyuluhan tentang stunting terhadap ibu balita guna meningkatkan pengetahuan sehingga ibu dapat melakukan pencegahan secara dini kejadian stunting pada balita.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiman dan Agus Riyanto.2013. Kapita Selekta Kuesioner : Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika

Buletin Jendela Data dan Pusat Informasi.2018.Situasi Balita Pendek ( Stunting ) di Indonesia. Pusat Data dan Informasi, Kementerian Kesehatan RI.

Notoatmodjo,Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Nursalam, 2013. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Suryani, Hendrayadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif : Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta : Kencana.

Astuti,S., (2018). Upaya Promotif Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Balitatentang Pencegahan Stunting Dengan Media Intergrating Card Di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6),466-469. Pr.http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/20262

Giri, M. K. W. (2013). Hubungan pemberian asi Eksklusif dengan status gizi balita usia 6-24 bulan di Kampong Kajanan Buleleng. (JST) Jurnal Sains dan Teknologi,2(1).

Haerunisa, Ade Nita. 2019. GAMBARAN PENGETAHUAN IBU BALITA TENTANG STUNTING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS TAHUN 2019 (unigal.ac.id)

Kemendikbud, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Ed.5 [online] diakses dari http://kbbi.kemdikbud.go.id/

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Laporan Nasional Riskesdas 2018. Balitbangkes. Hasil Utama Riskesdas 2018 | Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (kemkes.go.id)

Rahmadiani, dkk. 2019. Pengetahuan Ibu Balita tentang Stunting dengan Karakteristik Ibu dan Sumber Informasi di Desa Hergamanah Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. (Jurnal Sistem Kesehatan Vol.5 No. 2 Desember 2019). http://journal.unpad.ac.id/jsk_ikm/article/view/25661

Simbolong,Demsa.2019.Pencegahan Stunting Melalui Intervensi Gizi Spesifik Pada Ibu Menyusui Anak usia 0-24 Bulan [Google Book ]. https://books.google.co.id/books?id=KdjFDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Demsa+Simbolong+2019&hl+ban&sa=X&ved=0ahUKEwi76dfrwNXoAhUSbisKHfgzDMoQ6AEllzAA

Sulaiman, U. (2014). Analisis Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Beragama Siswa (Kasus Pada Siswa SLTP Negeri I dan MTs Negeri Bulukumba). AULADUNA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 201-217.

Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. 2017. Ringkasan 100 Kabupaten Kabupaten/Kota Prioritas Untuk Intervensi Anak Kerdil (Stunting )

Unicef Indonesia. 2019. Pr.https://www.unicef.org/indonesia/id/status-anak-dunia-2019

Website Resmi Kab. Tulungagung, 2019. Peringatan BBGRM XVI Tahun 2019. Pr.https://tulungagung.go.id/peringatan-bbgrm-xvi-tahun-2019/

Wulandari, Budiastutik Indah, Alamsyah Dedi. Hubungan karakteristik sosial ekonomi dan pola asuh pemberian makan terhadap kejadian stunting pada balita di Puskesmas Ulak Muid Kabupaten Melawi. Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan. 2016; 3(2).




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v4i1.2775

Article Metrics

Sari view : 283 times
PDF - 202 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.