ANALISA PELAKSANAAN TUGAS DAN FUNGSI PEGAWAI UNIT ASURANSI JPPK DI RUMAH SAKIT KOTA BANDUNG

Lia Amalia Uswatun Khasanah, Annisa Fitriani, Ceria Febiana

Sari


Perusahaan asuransi kesehatan harus memberikan pelayan yang berkualitas kepada para peserta asuransi. Kualitas pelayanan dapat dilihat berdasarkan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pegawai apakah sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang berlaku. JPPK (Jasa Pelayanan dan Perawatan Kesehatan) merupakan salah satu unit asuransi di Rumah Sakit Kota Bandung yang menyediakan pelayanan asuransi kesehatan bagi karyawan-karyawan perusahaan yang bekerja sama dengannya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis pelaksanaan tugas dan fungsi pegawai unit asuransi JPPK. Pengukuran pelaksanaan tugas dan fungsi menggunakan konsep model SERQUAL (Service Quality) dengan dimensi tangiblereliability, responsiveness, dan assurance sebagai alat ukur. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode wawancara, observasi dan kepustakaan. Wawancara bersumber langsung dari narasumber atau informan yaitu kepala bidang unit JPPK. Observasi dilakukan menggunakan alat bantu buku pedoman pelaksanaan unit JPPK untuk memperkuat informasi yang telah diperoleh dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tugas dan fungsi pegawai unit JPPK telah berjalan dengan baik dan sesuai prosedur yang berlaku. Hasil tersebut dibuktikan dengan terpenuhinya pengukuran dimensi tangible, reliability, responsiveness, dan assurance pada kinerja para pegawai unit asuransi JPPK.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggito, A., Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Kabupaten Sukabumi: CV Jejak.

Departemen Kesehatan RI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Dewi, R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien pengguna BPJS dengan kepuasan pasien sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 146-156.

Guntara, D. (2016). Asuransi dan Ketentuan-ketentuan Hukum Yang Mengaturnya. Justisi Jurnal Ilmu Hukum, 1(1).

Hindarwati, E. N., & Jayasari, A. (2014). Analisis kualitas pelayanan PT Jasa Raharja dengan metode SERVQUAL. Binus Business Review, 5(2), 626-637.

OJK, O. J. K. (2016). Statistik Perasuransian Indonesia, 2016. Otoritas Jasa Keuangan.

Parasuraman, A., Berry, L. L., & Zeithaml, V. A. (1993). More on improving service quality measurement. Journal of retailing, 69 (1), 140-147.

Setyawan, F. E. B. (2015). Sistem Pembiayaan Kesehatan. Saintika Medika, 11(2), 119-126.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Supriyana, E. S., Irmawati, B. R. S., & Asep Tata Gunawan, I. R. (2019). Evaluation of the health policy implementation of Indonesian social insurance administration organization in primary health care facilities. Indian Journal of Public Health Research & Development, 10(1), 581-584.

Susriyanti, S., & Nardo, R. (2019). Pengaruh fungsi komunikasi dan kepuasan kerja karyawan terhadap pemberian pelayanan nasabah PT. BPR LPN Talawi Sakato. Jurnal Administrasi Sosial dan Humaniora, 3(2), 97-111.

Tabrany, H. (2015). Jaminan Kesehatan Nasional, Ed. 2. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zaraswati, C., Sumarwan, U., & Wijayanto, H. (2017). Marketing Strategy Of Commercial Health Insurance Company. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship (IJBE), 3(1), 1-1.




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v4i1.2771

Article Metrics

Sari view : 75 times
PDF - 41 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.