ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI RSUD LEMBANG

Ayyi Puteri Pujaswari, Nurul Fadila, Ceria Febiana

Sari


Salah satu indikator keberhasilan suatu program adalah memberikan dampak positif terhadap suatu program terkait, BPJS kesehatan merupakan sebuah program pemerintah dalam aspek pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Sasaran utama dari program ini adalah masyarakat yang membutuhkan subsidi kesehatan yang membutuhkan pelayanan oleh rumah sakit, keberhasilan pelayanan yang diberikan rumah sakit terhadap pasien merupakan hal terpenting guna memberikan rasa nyaman dan puas yang akan memberikan timbal balik terhadap citra rumah sakit terkait. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien yang berkunjung ke RSUD Lembang pada periode Mei 2021 dengan menggunakan metode penelitian Kuantitatif dan menggunakan analisis Univarian dan Bivariat Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 30 pasien peserta program layanan Badan PenyelenggaraJaminan Sosial (BPJS) yang dipilih secara acak atau dengan metode random sampling. Dianalisis menggunakan Chi Square. Sehingga dapat menghasilkan penarikan kesimpulan terhadap respon pasien akan pelayanan yang diberikan oleh RSUD terkait. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pasien BPJS rawat inap periode Mei 2021 menunjukan angka cukup puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit terkait dengan dengan persentase sebesar: 58,3% namun masih terdapat beberapa catatan diantaranya: perlu adanya peningkatan kebersihan lingkungan Rumah Sakit, Peningkatan jam pelayanan Rumah Sakit, dan melengkapi kesediaan farmasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arnindiah, N., & Safriantini, D. (2018). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Depkes, R. I. (2008). Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan di Ru

Fuad, M. A. Z., Sartimbul, A., Iranawati, F., Sambah, A. B., Yona, D., Hidayati, N., ... & Rahman, M. A. (2019). Metode Penelitian Kelautan dan Perikanan: Prinsip Dasar Penelitian, Pengambilan Sampel, Analisis, dan Interpretasi Data. Universitas Brawijaya Press.

Hastuti, S. K. W., Mudayana, A. A., Nurdhila, A. P., & Hadiyatama, D. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 11(2), 161-168.

Humas BPJS.2020. " Sejarah Perjalanan Jaminan Sosial di Indonesia" diakses dari https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2013/4

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 340/MENKES/PER/III/2010

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN)

UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v4i1.2761

Article Metrics

Sari view : 116 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.