PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TUBERKULOSIS TERHADAP PENGETAHUAN KADER TENTANG TUBERKULOSIS PARU: A LITERATURE REVIEW

Mulyati Mulyati, Lastri Mei Winarni, Febi Ratnasari

Sari


Pendahuluan Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Peningkatan kasus TB memerlukan peran masyarakat terutama kader dalam meningkatkan penemuan kasus TB baru. Tujuan penelitian ini untuk mereview dan mensintesis artikel pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan kader tentang TB paru. Metode: Pencarian artikel menggunakan empat Database Google Scholar, Pubmed, Directory of Open Access Journals (DOAJ) dan Portal Garuda untuk artikel dengan desain quasi eksperimen antara tahun 2018-2019. Format Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA) digunakan untuk melihat judul, abstrak, full-text dan metodologi untuk menilai kelayakan artikel. Hasil : penulis menemukan 8 artikel dari 249 jurnal yang masuk kriteria inklusi yang membahas tentang intervensi berbentuk pendidikan kesehatan tentang tuberculosis dalam meningkatkan pengetahuan kader kesehatan dengan bentuk intervensi yang berbeda. Didapatkan tujuh artikel yang menyatakan ada pengaruh dan satu artikel yang menyatakan tidak ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan kader kesehatan. Diskusi dan Kesimpulan: Metode pendidikan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pencapaian tujuan pendidikan. Dalam literature review ini terdapat 4 jenis metode yang digunakan untuk intervensi yaitu ceramah, pendidikan kesehatan interaktif, permainan dan aplikasi. Pendidikan kesehatan dilakukan secara berkesinambungan sehingga pengetahuan yang mempengaruhi perilaku dan sikap kader kesehatan dapat selalu terukur.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andarmoyo, S. (2015). Pemberian pendidikan kesehatan melalui media leaflet efektif dalam peningkatan pengetahuan perilaku pencegahan tuberculosis paru di Kabupaten Ponorogo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Retrieved from http://eprints.umpo.ac.id/2031/1/1030.pdf

Badar, Amiruddin, Setiadi, R., & Rahman, G. (2018). Pelatihan dengan metode role play efektif terhadap kader PMO-TB tentang penemuan kasus baru TB paru. Jurnal Husada Mahakam, IV(7), 419–430.

Boy, E. (2015). Efektifitas pelatihan kader kesehatan dalam penanganan tuberkulosis di Wilayah Binaan. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 4(2), 83–89. Retrieved from https://jurnal.ugm.ac.id/jpki/article/ view/25274.

Cremers, A. L., Laat, M. M. De, Kapata, N., Gerrets, R., Klipstein-grobusch, K., & Grobusch, M. P. (2015). Assessing the consequences of stigma for tuberculosis patients in Urban Zambia. Plos One, 113, 1–16. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0119861.

Dinkes Kabupaten Tangerang. (2018). Profil kesehatan Kabupaten Tangerang tahun 2017. Tangerang. Retrieved from http://dinkes.tangerangkab.go.id/wp-content/files/Profil_Kesehatan_Kabupaten_Tangerang_2017.pdf.

Dinkes Provinsi Banten. (2018). Profil kesehatan Provinsi Banten tahun 2017. Banten.

Hendrawati, S., Nurhidayah, I., Mardhiyah, A., Mardiah, W., & Adistie, F. (2018). Pemberdayaan guru sekolah dan kader kesehatan dalam deteksi dini dan screening Tuberkulosis pada anak sekolah. Media Karya Kesehatan, 1(1), 11–28.

Istiani, N. A. (2016). Pengaruh pelatihan kesehatan jiwa terhadap sikap dan pengetahuan kader dalam deteksi dini gangguan jiwa di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul. Universitas Gajah Mada.

JBI. (2017). Checklist for Quasi-Experimental Studies. The Joanna Briggs Institute.

Kemenkes RI. (2013). Penanggulangan TB kini lebih baik. Jakarta. Retrieved from http://www.depkes.go.id.

Kemenkes RI. (2014). Pedoman Nasional Pengendalian Tuberkulosis. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.

Kemenkes RI. (2016). Promosi kesehatan. Modul bahan ajar cetak keperawatan. Jakarta. Retrieved from http://bppsdmk.kemkes.go.id/ pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/Promkes-Komprehensif.pdf.

Kemenkes RI. (2019). Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Jakarta.

Megawati, Suriah, Ngatimin, R., & Yani, A. (2018). Edukasi TB Paru pengetahuan sikap kader Posyandu melalui permainan simulasi monopoli. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 1(1), 5–11.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasetyorini, D., Josef, H. K., & Claramita, M. (2019). Training effectiveness to Change knowledge and attitude of health cadres on lung Tuberculosis. Review of Primary Care Practice and Education, 99–101.

Price, S. A., & Wilson, L. M. (2012). Patofisiologi: konsep klinis proses-proses penyakit. Jakarta: EGC.

Purniawan, A. E. (2016). Efektifitas media poster dan audio visual (video) terhadap pengetahuan ibu di Desa Winong tentang TB Paru. Repository Universitas Muhamadiyah Semarang, 1–58. Retrieved from http://repository.unimus.ac.id/23/.

Samal, J., & Dehury, R. K. (2018). Assessing the impact of a structured tuberculosis training activity on the knowledge and attitude of community volunteers. Journal of Clinical and Diagnostic Research, 12(3), 12–15. https://doi.org/10.7860/JCDR/2018/31294.11332.

Sidiq, R. (2018). Efektivitas penyuluhan kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan kader posyandu tentang pencegahan pneumonia pada balita. Jurnal AcTion: Aceh Nutrition Journal, 3(1), 22–27. https://doi.org/10.30867/action.v3i1.92.

Smeltzer, S. C., & Bare, B. G. (2018). Keperawatan medikal bedah Brunner & Suddarth edisi 12. Jakarta: EGC.

Sukartini, T., Hidayati, L., & Pratiwi, I. N. (2019). Program kemitraan masyarakat “penanggulangan Tuberculosis (TB) menggunakan model interaksi guna mencegah kejadian drop out (DO) di Surabaya. Dharmakarya Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 8(3), 175–179.

Utami, S. P., Damayanti, N. A., & Pusparini, M. (2019). Kenali TB Paru dan cegah penularannya berbasis TIK di Wilayah Jakarta Pusat. Info Abdi Cendekia Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7.

WHO. (2017). Global tuberculosis report. https://www.who.int/tb/publications/ global_report/gtbr2017_main_text.pdf?ua=1.

Yani, D. I., Juniarti, N., & Lukman, M. (2019). Pendidikan kesehatan tuberkulosis untuk kader kesehatan. Media Karya Kesehatan, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v2i2.2187

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.