STUDI DESKRIPTIF INTERAKSI DENGAN TENAGA KESEHATAN, PEMANTAUAN TEKANAN DARAH DAN KEPATUHAN TERHADAP ANJURAN PADA PASIEN HIPERTENSI URGENSI DI UPTD PUSKESMAS REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA

Indarti Indarti, Maya Safitri, Tin Utami

Sari


Hipertensi urgensi terjadi pada 1 miliar populasi dunia dan berperan terhadap 7,1 juta kematian di dunia setiap tahunnya. Hipertensi urgensi merupakan salah satu kegawatan di bidang kardiovaskular yang sering dijumpai di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Hipertensi urgensi ditandai dengan peningkatan tekanan darah secara akut dan sering berhubungan dengan gejala sistemik yang merupakan konsekuensi dari peningkatan darah tersebut. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran interaksi dengan tenaga kesehatan, pemantauan tekanan darah dan kepatuhan terhadap aturan anjuran pada pasien hipertensi urgensi di UPTD Puskesmas Rembang Kabupaten Purbalingga. Metode penelitian ini secara deskriptif accidental sampling dengan pendekatan survey. Analisis yang digunakan dengan univariat. Teknik sampling dengan total sampling sebanyak 58 responden. Data diambil dengan memberikan kuesioner untuk diisi secara obyektif. Hasil penelitian menunjukkan komponen interaksi dengan tenaga kesehatan, pemantauan tekanan darah dan kepatuhan terhadap aturan anjuran pada penderita hipertensi urgensi sebagian besar tergolong rendah, yaitu interaksi dengan tenaga kesehatan dan lainnya sebesar 51,7%, pemantauan tekanan darah sebesar 51,7% dan kepatuhan terhadap aturan yang dianjurkan sebesar 44,8%. Interaksi dengan tenaga kesehatan, pemantauan tekanan darah dan kepatuhan terhadap aturan anjuran secara keseluruhan sebagian besar tergolong rendah (48,3%). Perubahan pola hidup dan dukungan dari tenaga kesehatan sangat diperlukan untuk meningkatkan interaksi dengan tenaga kesehatan, pemantauan tekanan darah dan kepatuhan terhadap aturan anjuran pada pasien hipertensi urgensi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.

Cahyani, Y.E. 2019. Gambaran Interaksi dengan tenaga kesehatan, pemantauan tekanan darah dan kepatuhan terhadap aturan anjuran Penderita Hipertensi di Puskesmas Grogol Kabupaten Sukoharjo. Electronic Theses and Dissertations. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Fahkurnia, W. 2017. Gambaran Self Care Pada Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Gatak Kabupaten Sukoharjo. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fatimah, N., Ilmi, A.A., Patima. 2018. Interaksi dengan tenaga kesehatan, pemantauan tekanan darah dan kepatuhan terhadap aturan anjuran dan Dukungan Keluarga Pada Lanjut Usia Dengan Penyakit Kronis. Journal of Islamic Nursing. Volume 3 No. 2.

Friedman, M. 2010. Buku Ajar Keperawatan Keluarga : Riset, Teori dan Praktek. EGC. Jakarta.

Ikhwan, Livana, Hermanto. 2017. Hubungan Faktor Pemicu Hipertensi Dengan Kejadian Hipertensi. Jurnal Kesehatan. Volume 10 No. 2.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Hipertensi. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Tersedia dalam http://pusdatin.kemkes.go.id. Diakses tanggal 9 Mei 2020.

Khotimah, N.K. 2018. Model Peningkatan Kepatuhan Gaya Hidup Sehat Pada Pasien Hipertensi Berbasis Social Cognitive Theory di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Bima. Tesis. Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya.

Lestari, I.G. dan Isnaini, N. 2018. Pengaruh Interaksi dengan tenaga kesehatan, pemantauan tekanan darah dan kepatuhan terhadap aturan anjuran Terhadap Tekanan Darah Lansia Yang Mengalami Hipertensi. Indonesian Journal For Health Sciences. ISSN 2549-2721. Vol 2 No. 1.

Nengrum, L.S. dan Wahyudi, A.S. 2019. Pengaruh Penerapan Chronic Condition Self-Management (CCSM) Terhadap Kepatuhan Pengobatan Pasien Hipertensi Peserta Prolanis BPJS di Malang Jawa Timur. Borneo Journal of Laboratory Technology.

Nigga, A.R. 2018. Perilaku Pencegahan Hipertensi Dalam Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Wilayah Kerja Puskesmas Bontoramba. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makasar.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Pikir, B.S., Aminudin, M., Subagjo, A., Dharmadjati, B.B., Suryawan, I.G., Eko, J.N. 2015. Hipertensi Manajemen Komprehensif. Airlangga University Press. Surabaya.

Puspita E., Oktaviarini E., dan Santik Y.D.P. 2017. Peran Keluarga dan Petugas Kesehatan Dalam Kepatuhan Pengobatan Penderita Hipertensi di Puskesmas Gunungpati Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia. Volume 12 No. 2.

Rihiantoro, T. dan Widodo M. 2017. Hubungan Pola Makan dan Aktifitas Fisik Dengan Tingkat Kejadian Hipertensi di Kabupaten Tulang Bawang. Jurnal Keperawatan. Volume XIII No. 2.




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v2i2.2180

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.