DESAIN ALAT PEMASANGAN TOPI ISOLATOR DALAM KEADAAN BERTEGANGAN UNTUK MENGURANGI ENERGY TIDAK TERSALURKAN DI FEEDER PONDOK PINANG RAYON TABING

Sepannur Bandri

Sari


Masalah terbesar yang dapat mempengaruhi kestabilan dan keandalan dari sistem tenaga listrik adalah adanya gangguan. Gangguan yang terjadi pada sistem tenaga listrik dapat disebabkan oleh 2 faktor, yaitu faktor internal (ex: Pin Isolator pecah) dan faktor eksternal (ex : binatang/burung, ular).Pada saat tertentu gangguan dapat terjadi dan disebabkan oleh binatang berupa burung dan ular. Untuk itu diperlukan suatu pemeliharaan periodik agar bisa mengatasi gangguan tersebut tidak terjadi kembali salah satunya dengan memasang Topi Isolator. Saat pertama kali diperkenalkan penggunaan Topi Isolator sangat efektif untuk mengatasi gangguan sesaat / permanen yang disebabkan oleh binatang seperti burung dan ular, namun pekerjaannya membutuhkan waktu yang cukup lama dan membutuhkan pemadaman.Untuk menanggulangi pemadaman penyulang karena proses pemasangan topi isolator, maka dibuatlah alat pasang topi isolator online. Material yang dibutuhkan dalam pembuatan alat pasang topi isolator ini sangatlah sederhana dan murah. Dari hasil analisa perbandingan pekerjaan pemasangan topi isolator dengan pemadaman dan tanpa pemadaman didapat penghematan yang signifikan. Sehingga penggunaan alat ini sangat bermanfaat jika diimplementasikan di PT PLN (Persero) Wilayah Sumatra Barat maupun wilayah lainnya yang menggunakan jenis topi isolator yang sama.

KATA KUNCI : Gangguan, Pemadaman, Penghematan, Topi Isolator

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Doloksaribu, Parlindungan “Analisa Keandalan Sistem Distribusi Tenaga Listrik”. Dielektrika, Vol 1, No 1: 20-24, Agustus 2010.

Gonen, Turan. 1986. Electric Power Distribution System Engineering, McGraw-Hill International Edition.

Hasan Basri, “Distribusi Tenaga Listrik”, pola dasar struktur jaringan tegangan menengah.

HermanDarnelIbrahim(2006),“keandalan suatu sistem distribusi tenaga listrik“, “kontinuitas pelayanan dan peningkatan efisiensi”.

Indra Kurnia Mulyawan, “indeks

keandalan sistem distribusi dari

berbagai macam indeks yang

berhubungan dengan pelanggan

pengguna jasa PT PLN”.

Morhel Mubarak (2008), “keterandalan sistem jaringan distribusi udara 20 kV”.

Siti Saodah (2008), “evaluasi keandalan

sistem distribusi tenaga listrik berdasarkan SAIDI dan SAIFI”.

Standar PLN (SPLN) No. 59. 1985.

Keandalan pada sistem Distribusi 20kv

dan 6kv. Jakarta : Departemen Pertambangan dan Energi.

Standar PLN (SPLN) No. 68-2. 1986. Tingkat Jaminan Sistem Tenaga Listrik (bagian dua: Sistem Distribusi). Jakarta: Departemen Pertambangan dan Energi.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v14i2.2037

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter Flag Counter