PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SDN 07 VII KOTO SUNAGI SARIAK

Elsy Melia Syari

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA diperkirakan karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat yang berakibat kurangnya perhatian siswa terhadap guru, siswa juga lebih kurang percaya diri berbicara langsung dengan guru, serta rendahnya motivasi belajar dan penggunaan media belajar yang kurang optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Eksperimen pada pembelajaran IPA dengan kompetensi dasar mendeskripsikan sifat-sifat cahaya di kelas V SDN 07 VII Koto Sungai Sariak. Pada penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah siswa 56 siswa. Pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Sehingga terpilih kelas V.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas V.1 sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Eksperimen memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari perolehan nilai pada kondisi awal kelas eksperimen diperoleh rata-rata 70,68 dan rata-rata nilai siswa kelas kontrol 80,93. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan metode Eksperimen pada kelas eksperimen dan pembelajaran secara konvensional pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 79,14 pada kelas eksperimen dan nilai rata-rata pada kelas kontrol 60,72. Berdasarkan analisis uji hipotesis yang telah didapatkan dari penelitian ini dengan α = 0,05 dengan derajat kebebasan dk 54 dari tabel diperoleh harga t(0.975)(54) = 2,006 diperoleh thitung 2,84 diperoleh harga terlihat bahwa thitung ttabel. Kriteria pengujiannya adalah terima Ho jika terletak antara (-2,006) sampai 2,006 dan tolak Ho jika mempunyai harga lain. Demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode Eksperimen pada pembelajaran IPA Mendeskrispsikan Sifat-sifat Cahaya memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 07 VII Koto Sungai Sariak.

Kata Kunci : Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA, hasil belajar IPA.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Anggoro, Toha,dkk. 2007. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Konstekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Permendikbud. 65. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.

Putra, Rizema Sitiatava. 2013. Desain Belajar Meengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DIVA Press.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sisdiknas. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor. 20 Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Penerbitan Sinar Baru Algensindo Bandung.

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suparno, Paul. 2010. Metode Penelitian Fisika. Yogyakarta: Universitas Senata Darma.

Wisudawati, Widi Asih dan Sulistyowati Eka. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v14i2.2036

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter Flag Counter