EKSPLORASI DAN KARAKTERISTIK MORFOLOGI TANAMAN GAMBIR LIAR (Uncaria gambir Roxb.) PADA LAHAN GAMBUT DATARAN RENDAH DI KOTA PEKANBARU

Novita Hera, Rizki Aprelia, Ahmad Taufik Aminuddin

Sari


Abstrak : Tanaman gambir (Uncaria gambir Roxb.) merupakan tanaman perdu dari family Rubiaceae dengan nilai ekonomi tinggi. Tanaman ini memiliki potensi dan peluang budidaya karena banyak tumbuh liar diwilayah Riau. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan lokasi tanaman, mengidentifikasi karakteristik morfologi dan menentukan penggolongan tipe tanaman gambir Pekanbaru. Penelitian eksplorasi dan karakterisasi ini dilaksanakan dari Oktober sampai November 2019 pada enam kecamatan di Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah metode survei, dengan pengambilan sampel secara sengaja (Purposive Sampling). Parameter yang diamati meliputi bagian daun, cabang, bunga dan buah. Hasil penelitian menunjukan bahwa keberadaan tanaman gambir tersebar pada empat kecamatan. Karakteristik morfologi menunjukkan tidak terdapat perbedaan karakteristik antar tanaman pada tipe yang sama di setiap kecamatan. Analisis pada penggolongan tipe menunjukkan terdapat tipe Cubadak dengan persentase kemiripan 69% yang ditemukan pada 11 titik sampel dan tipe Udang dengan persentase kemiripan 84,6% yang ditemukan pada 1 titik sampel. Tipe tanaman gambir yang memiliki potensi tertinggi untuk pengembangan lahan budidaya di wilayah Pekanbaru adalah tipe Cubadak.

Kata Kunci : Ekzplorasi, Karakterisasi, Morfologi, Gambir, Lahan Gambut

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amos, I. Zainuddim, A. Triputanto, B. Rusmandana dan S. Ngudimaluyo. 2004. Teknologi Pasca Panen Gambir. Jakarta: BPPT Press. 65 hal.

Denian, A., M. Hadad dan S. Wahyuni. 2008. Karakteristik Pohon Induk Gambir (Uncaria gambir (Hunter) Roxb.) di Sentra Produksi Sumatra Barat dan Riau. Buletin Littro, 29(1): 18-38.

Dhalimi A. 2006. Permasalahan Gambir (Uncaria gambir) di Sumatera Barat dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Perspektif, 5(4): 46-59.

Helmi, A. 2015. Analisis Usahatani Gambir di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal JOM Fekon, 2(2): 1-11.

Lidar, S., E. Mutryarny dan T. Wulantika. 2018. Variabilitas Fenotipik Tanaman Gambir di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Pertanian, 15(1): 51-56.

Mustika, Y.A. 2015. Eksplorasi dan Identifikasi Plasma Nutfah Gambir (Uncaria gambir Roxb) pada Bekas Perladangan Gambir di Padang. Skripsi. Universitas Andalas.

Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan. 2015. Rencana Pengembangan Kawasan Perkotaan Pekanbaru. Jakarta: Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah. 121 hal.

Sari, V. R. 2016. Variasi Morfologi Tanaman Kepel (Stelechocarpus burahol Hook. F dan Thomson) yang Tumbuh pada Ketinggian yang Berbeda. Skripsi. Universitas Airlangga.

Sebayang, L. 2013. Budidaya dan Pengolahan Gambir. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Utara. Medan. 23 hal.

Sugito, K. 2017. Kemampuan Daya Hambat Sediaan Gambir (Uncaria gambir Roxb.) Terpurifikisai dengan Kandungan Katekin >90% terhadap Candida albicans. Skripsi. Universitas Hasanuddin.

Yunus, M. 2002. Kajian Usaha Tani Gambir di Lahan Miring dan Upaya Konservasi Tanah dan Air. Disertasi. Institut Teknologi Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v14i2.2032

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter Flag Counter