HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MANAJEMEN DIRI PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG

Fitria Alisa, Lola Despitasari, Elitria Marta

Sari


yaitu sebanyak 13.795 orang. Pasien DM Tipe II membutuhkan manajemen diri yang dapat dipengaruhi oleh faktor efikasi diri dan dukungan keluarga. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan dukungan keluarga dengan manajemen diri pada pasien diabetes Melitus Tipe II di Puskemas Andalas Kota Padang.Jenis penelitian ini bersifat deskriptif analitik melalui pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalahseluruh pasien Diabetes Melitus Tipe II yang berobat di rawat jalan Puskesmas Andalas Padang sebanyak 277 orang. Sebanyak 73 sampel dengan menggunakan metode “accidental sampling”. Instrumen penelitian dengan menggunakan kuesioner SDSCA, DMSES, dan HDFSS. Analisa univariat ditampilkan pada tabel distribusi frekuensi dan bivariat dengan uji chi-square dengan kepercayaan 95%.Hasil penelitian menunjukkan lebih dari separoh (60.3%) responden dengan manajemen diri kurang baik, lebih dari separoh (53.4%) responden memiliki efikasi diri kurang baik, lebih dari separoh (69.9%) responden memiliki dukungan keluarga kurang baik. Terdapat hubungan efikasi diri dengan manajemen diri (P value = 0.017). Terdapat hubungan dukungan keluarga dengan manajemen diri pasien DM Tipe II Di Puskesmas Andalas Kota Padang (P value = 0.013).Kesimpulan dari hasil penelitian efikasi diri dan dukungan keluarga mempengaruhi manajemen diri. Disarankan kepada petugas kesehatan agar dapat pada saat pasien datang berobat memberikan motivasi kepada pasien untuk meningkatkan efikasi diri nya melakukan manajemen diri terhadap penyakitnya, dan memberikan motivasi kepada keluarga pasien bahwa pentingnya dukungan keluarga bagi penderita DM Tipe 2 menghadapi penyakitnya.

Kata kunci : Efikasi Diri; Dukungan Keluarga; Manajemen Diri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aklima. (2012). Development of Family-Based Dietary Self-Management Support Program on Dietary Behavior in Patient with Type 2 Diabetes Meliitus in Indonesia. Journal of nursing, 357-370.

Al-khawaldah, O. A., Al-Hasan, M.A., Froelicher, E.S. (2012).Self-efficacy. Self-management, and glycemic control in adults with type 2 diabetes mellitus. Journal of Diabetes and its Complcation.

Alwisol. (2018). Psikologi Kepribadian edisi revisi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Ariani, Y. (2011). Hubungan Antara Motivasi dengan Efikasi diri Pasien DM Tipe 2 Dalam Konteks Asuhan Keperawatan Di RSUP.H.Adam Malik Medan. Tesis. Universitas Indonesia.

Astuti, N. (2014).Efikasi Diri Dan Manajemen Diri Pada Pasien Diabetes Melitus Tip 2. Tesis. Universitas Sumatera Utara.

Bustan, M. . (2015). Manajemen Pengendalian Penyakit Tidak Menular. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahlan, Muhammad Sopiyudin. (2017). Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan:Deskriptif, Bivariat, dan Multivariat, dilengkapi Aplikasi Menggunakan SPSS Edisi 6. Jakarta: Epidemiologi Indonesia.

Dinas Kesehatan Kota Padang. (2017). Profil Kesehatan Kota Padang. Padang.

Dwipayanti, puteri indah. (2011). Hubungan Pengetahuan Tentang Diet Diabetes mellitus dengan Kepatuhan Pelaksanaan Diet Pada Penderita Diabetes Mellitus, 47–53.

Elpriska. (2016). Jurnal Pengaruh Stres, Dukungan Keluarga dan Manajemen Diri Terhadap Komplikasi Ulkus Kaki Diabetik Pada Penderita DM Tipe 2.

Fitri, R.I. Wirawanni, Y. (2014). Hubungan Konsumsi Karbohidrat, Konsumsi Total Energi, Konsumsi Serat, Beban Glikemik Dan Latihan Jasmani Dengan Kadar Glukosa Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2.

Friedman. (2014). Buku Ajar Keperawatan Keluarga : Riset, Teori, dan Praktek. Edisi 5. Jakarta: EGC.

Hasanat, N.U. (2015). Manajemen Diri Diabetes Analisis Kuantitatif Faktor-Faktor Psikososial Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2.

Hisni, D, dkk. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Diet Diabetes Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Wilayah Puskesmas Limo Depok.

Ismonah. (2009). Analisis faktor-faktor yang Berhubungan dengan Self Care Management Pasien Diabetes Melitus dalam Konteks Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Pnti Wilasa Citarum Semarang. Depok: FIK UI.

Pangau, E.E, Katuuk, M.E, Kallo, V.D. (2019). Hubungan Motivasi Dengan Efikasi Diri Pada Pasien Dengan Diabetes Melitus Tipe II Di Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado.

Tamara, Bayhakki & Nauli. (2014). Hubungan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien diabetes mellitus tipe 2 di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Vol.1 No.12.

Wu, S. F. . (2007). Effectivenesof Self Management for Person with Type 2 Diabetes Following The Implementation of a Self-Efficacy Enhancing Intervention Program in Taiwan. Queensland: Nursing at Queensland University of Technology.Diunduh dari http://eprints.qut.edu.au/163851/1/Shu-Fang_Wu_Thesis.pdf




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v14i2.1757

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter Flag Counter