ANALISIS PERBANDINGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DAN OFFLINE CUSTOMER PADA OR-K 689 CLOTHING

nela retti fauzi, Kristina Sisilia

Sari


Belanja online melalui E-commerce saat ini sangat berkembang di Indonesia. OR-K 689 merupakan salah satu distro yang menjual produknya secara online melalui website dan e-commerce seperti tokopedia dan zalora. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan keputusan pembelian online dan offline customer OR-K 689 Bandung pada tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan karakteristik penelitian komparatif. Populasi konsumen online dan offline tidak diketahui secara pasti jumlahnya sehingga sampel ditentukan dengan rumus Bernoulli sebanyak 100 responden masing-masing pada online dan offline customer.
Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji beda Mann Whitney yang diolah menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan pembelian pada offline customer lebih tinggi dari pada online customer. Selain itu pada umumnya terdapat perbedaan signifikan pada keputusan pembelian offline dan online dengan nilai signifikan < 0,05 kecuali pada dimensi pilihan produk yang nilai signifikannya > 0,05. Berdasarkan hasil penelitian agar keputusan pembelian pada online dan offline customer seimbang maka diharapkan OR-K 689 dapat meningkatkan kualitas produk dan melakukan promosi agar penjualan meningkat.


Kata kunci: online customer, offline customer, keputusan pembelian, e-commerce, perbandingan

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/me.v6i2.1812

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Web
Analytics Made Easy - StatCounter Kunjung Saat Ini