Strategi Pemasaran Produk Olahan Jamur Tiram di Kelompok Wanita Tani Rosella

Rizqha Sepriyanti Burano

Sari


Permintaan jamur tidak hanya sebatas pasar dalam negeri, tetapi juga merambat hingga ke pasar internasional. Salah satu Kelompok Wanita Tani (KWT) yang membudidayakan jamur tiram adalah KWT Rosella. KWT Rosella tidak hanya menjual jamur mentah namun sudah membuat beberapa jenis produk olahan berbahan jamur. Akan tetapi pemasaran yang dilakukan masih menghadapi beberapa hambatan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa apa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran produk olahan jamur tiram di KWT Rosella dan mengidentifikasi strategi pemasaran yang akan di terapkan oleh petani jamur tiram di KWT Rosella. Metode penelitian yang akan di gunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis SWOT. Dari hasil penelitian diketahui faktor internal yang mempengaruhi pemasaran produk olahan jamur tiram putih, adalah produknya, harga, label hal, kerjasam tim, bahan baku, bentuk kemasan dan outlite pemasaran. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran produk olahan jamur tiram ini adalah jumlah konsumen, adanya pelatihan, munculnya produsen lain dan kemitraan dengan pihak lain. Strategi pemasaran produk olahan jamur tiram adalah menambahkan varian olahan produk jamur tiram denga cita rasa yang khas dari KWT Rosella, mempertahankan kualitas dan harga agar tetap menjadi pilihan konsumen atau masyarakat dan memperkuat promosi yang sudah ada dan menambah promosi di media sosial lainnya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Firdaus, Muhammad. 2008. Manajemen Agribisnis, edisi satu, cetakan pertama. Jakarta: Bumi Aksara.

Firdaus, Muhammad. 2010. Manajemen Agribisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, Ali. 2013. Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS ( Center For Academic Publishing Service).

Kotler, Philip, dan Armstrong, 2004, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler .2003, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan, Penerbit PT. Indeks Gramedia, Jakarta

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks

Kotler, Philip, dan Armstrong, 2004, Dasar-dasar Peang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PTmasaran, Edisi Kesembilan, PT. Indeks, Jakarta.

Maulana, A. 2012, Analisis Postur Kerja Dengan Tinjauan Ergonomi di Industri Batik Madura, Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Vol 1, No.3, 167-171.

Nilasari, S. 2014.Manajemen Strategi. Dunia cerrdas, Jakarta timur

Philip kotler. 2003. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesembilan. Jakarta. PT Indeks Gramedia

Rahmat, S. dan Nurhidayat. 2011. Untung Besar Dari Bisnis Jamur Tiram. Agro Media Pustaka. Bandung. 134 Hlm.

Rangkuty , Fredy, 2011. Analisis SWOT Teknik Pembedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi. Gramedia Pustaka Utama.

Sjarkowi, F. 2004. Manajemen Agribisnis. Baldal Grafiti Press. Palembang.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV Alfabeta, Bandung

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan:pendekatan Kualitatif,Kuantitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran Edisi III. CV Andi Offset, Yogyakarta.

Yusuf, M. 2014. Stratedi Inovaso, Pengembangan Produk dan Orientasi Pasar Pada Industri Perikanan. Penilitian. Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v6i2.1789

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Web
Analytics Made Easy - StatCounter Kunjung Saat Ini