IMPROVING STUDENTS' LISTENING ABILITY THROUGH AUDIO-VISUAL STUDENTS AT CLASS VIII.3 SMPN 3 KEC. PAYAKUMBUH

Yenti Efrina

Sari


Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Kec. Payakumbuh di Kelas VIII.3 dimana kemampuan siswa mendengarkan materi bahasa Inggris cukup rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Audio-Visual dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah dengan melakukan observasi dan tes prestasi belajar. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif baik untuk data kualitatif maupun kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Audio-Visual dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi siswa. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh pada Siklus I adalah 50,33 untuk prestasi belajar. Dari Siklus I ke Siklus II naik menjadi 74,00 untuk prestasi belajar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Audio Visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT BumiAksara.

Sutari, et al. 1997. Menyimak Bersama. Jakarta: Gramedia.

Tarigan, Henry Guntur. 1983. Menyimak: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Suleiman, Amir Hamzah. 1985. Media Audio Visual Untuk Pengajaran, Penerangan, Penyuluhan. Jakarta: Gramedia.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi. Aksara




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.3018

Article Metrics

Sari view : 49 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter