PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA MELALUI GALLERY WALK DI KELAS XI MIA 1 SMAN 1 SITIUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Tri Kartini

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan menulis siswa dalam bahasa Inggris dapat ditingkatkan melalui Model Galery Walk. Siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri I Sitiung Semester satu Tahun Pelajaran 2015/2016 sebagai subjek penelitian dan satu guru bahasa Inggris sebagai observer. Peneliti melakukan pra-observasi dengan mewawancarai beberapa siswa dan mengamati kondisi sebelum melakukan penelitian. Dari hasil observasi awal diketahui bahwa kemampuan berbicara siswa kurang baik, sehingga perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus pertama, peneliti menemukan bahwa 40% siswa yang mampu berbicara bahasa Inggris. Sedangkan pada siklus II 84% siswa mampu berbicara bahasa Inggris. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Role Play dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rahadi, Ansto. 2003. Media Pembelajaran Jakarta : Dikjen Dikti Depdikbud

Whittaker, James O. 1966. An introduction to psychology. Philadelphia, 1966, viii, hal. 224.

Winkel, W. S. 2005. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2007. Model Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, J.J. Moedjiono. (1988). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remadja Karya.

Ibrahim, Muslim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press.

M. Ngalim Purwanto. Psikologi Pendidikan Bandung: Remaja Rosda Karya,1998,cet ke 14 hal. 84.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.3016

Article Metrics

Sari view : 79 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter