PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEKS FANTASI DENGAN MEDIA RUMAH FANTASI KELAS VIIF TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DI SMP NEGERI I SITIUNG

Suratni Suratni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk dapat  meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran rumah fantasi di kelas VIIF SMP Negeri 1 Sitiung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIIF yang berjumlah sebanyak 30 orang peserta didik. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi, catatan lapangan, lembar tes hasil belajar, dan dokumentasi pada siklus I dan II. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian terkait dengan hasil belajar, menunjukkan bahwa media pembelajaran rumah fantasi ini dapat meningkatkan  hasil belajar peserta didik, karena peserta didik  sudah berhasil mencapai KKM yang telah ditetapkan. Hal itu dapat dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu siklus I (47%) dan siklus II (93%).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto.Suharsimi. 2007. Belajar Secara Efektif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Aqib, Zainal. 2014. Model, Media, dan Strategi pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Azhar,Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers

Basuki,Wibawa dan Farida Mukti. 2001. Media Pengajaran. Bandung : CV Maulana

Depdiknas. 2004. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta.

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar: Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah,,Syaiful Bahari, dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rudi, S., & Cepi, R. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.

Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Wibawa, Basuki dan Farida Mukti. (1992). Media Pengajaran. Jakarta: Dikti




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.3015

Article Metrics

Sari view : 51 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter