UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF SISWA KELAS 1 DI UPTD SDN 01 TALANG ANAU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Sendrawati Sendrawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu huruf siswa kelas 1 di UPTD SDN 01 Talang Anau. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 1 UPTD SDN 01 Talang Anau yang terdiri dari 15 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus melalui empat tahap yang mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan membaca permulaan, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan  peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa pada setiap siklus. Persentase siswa yang yang tuntas yaitu sebesar 46,67% pada siklus I, 66,67% pada siklus II, dan 86,67% pada siklus III. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 UPTD SDN 01 Talang Anau dapat ditingkatkan  melalui permainan kartu  huruf.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zuchdi, Darmiyati dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.3013

Article Metrics

Sari view : 259 times
PDF - 282 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter