PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POLA-POLA HEREDITAS BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INTRUCTION PADA SISWA KELAS XII IPA-3 SMA NEGERI 1 SITIUNG

Endang Safariyani

Sari


Penelitian tindakan kelas ini mengangkat pokok masalah yaitu bagaimana meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan soal pola-pola hereditas melalui penerapan model pembelajaran Direct Intruction dalam mencapai kompetensi belajar biologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA-3 SMA Negeri 1 Sitiung. Adapun metode yang digunakan PTK dan diolah secara deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan lembar observasi sebagai alat pengumpul data yang diisi oleh observer selama pembelajaran berlangsung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Direct Intruction dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah biologi yang berhubungan dengan perhitungan matematika khususnya materi soal pola-pola hereditas.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Usaha Nasional: Surabaya.

Nana Sudjana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru hlm.2

Oemar Hamalik.2005. Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto, 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi dalam Belajar.Bandung: Rosad Karya.

Suharsimi Arikunto. 1992. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana.N.2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SMA Bidang Studi Biologi. 2006. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

-. 2011. Model Pembelajaran Explicit Instruction (on line). (http://www.hariyono.org /2011/10/model-pembelajaran-explicit-instruction.html). Diakses tanggal 2 September 2014.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.2994

Article Metrics

Sari view : 134 times
PDF - 147 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter