THE EFFECT OF PICTURE-WORD INDUCTIVE MODEL STRATEGY ON STUDENTS’ WRITING SKILL IN DESCRIPTIVE TEXT

Beniario Joni Saputra

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa yang mendapat pengajaran dengan menggunakan Strategi Picture-Word Inductive Model memiliki perbedaan kemampuan dalam menulis teks deskriptif di kelas dua SMPN 2 Gunuang Omeh dibandingkan dengan siswa yang tidak mendapat pengajaran dengan menggunakan Strategi Picture-Word Inductive Model. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Sample dari penelitian ini adalah siswa kelas dua SMPN 2 Gunuang Omeh yang berjumlah 54 siswa; kelas eksperimen adalah VIII.A terdiri dari 27 siswa dan kelas kontrol adalah VIII.B berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes rumpang. Setelah dilakukannya penelitian ini dengan mengaplikasikan Strategi Picture-Word Inductive Model hasil dari penelitian ini adalah nilai posttest kelas eksperimen meningkat dari nilai pretest. Ini bisa dilihat dari rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen adalah 77,59 yang meningkat dari nilai pretest 52,78. Nilai rata-rata posttest pada kelas control adalah 65,74 yang lebih rendah dari kelas eksperimen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa dengan penerapan pengajaran menggunakan Strategi Picture-Word Inductive Models lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menerapkan pengajaran menggunakan Strategi Picture-Word Inductive Model dalam menulis teks deskriptif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Blanchard, K. & Root, C. (2012). Ready to Write. Longman: Pearson Education.

Calhoun, E.F. (1999). Teaching Beginning Reading and Writing with the Picture Word Inductive Model. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Creswell, J.W. (2005). Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Second Edition. USA: University of Nebraska-Linclon.

Ewen, D. (2005). Writing and Learning Centre: Workbook on Writing Paragraph. Ontario College of Art and Design.

Hammond, J. (1992). English for Special Purposes. National Centre for English Language Teaching ad Research. Sydney: Macquarie University.

Jacobs, H. (1998). Testing ESL Composition: Practical Approach. Rowley: Newbury House Publishers, Inc.

________. (1981). Testing ESL Composition Profile, A Practical Approach. Rowley Ma: Newbury House Publisher Inc.

Kane, T. (2000). The Oxford: Essential Guide to Writing. New York : Oxford University Press. Inc.

Linse, C.T. (2005). Practical English Language Teaching : Young Learners. New York : The McGraw-Hill Companies. Inc.

Meltzer, D.E. (2002). The relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physic: A possible: “hidden variable” in diagnostic pretest score. American Journal.

Merthens, N.L. (2010). Writing Processes, Tools, and Technique. New York: Nova Science Publishers, Inc.

Richards, J.C. & Renandya, W.A. (2002). Methodology In Language Teaching. Cambridge : Cambridge University Press.

Rijlaarsdam, G., Bergh, Huub van den, & Couzijn, M. (2005). Effective learning And Teaching Writing. New york.

Sugyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung. CV.Alfabeta.

Weigle, S.C. (2002). Assessing Writing. Cambridge: Cambridge University Press.

Wishon, G.E. (1980). Let’s Write English. USA: Litton Educational Publishing. Inc.

Wright, A. (2002). Pictures for Language Learning. (3rdEd.). Oak Leigh: Cambridge University Press.

Yuliana. (2011). The use of picture word inductive model (pwim) In teaching vocabulary An Experimental Research at The Seventh Grade of Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Bawang Batang in The Academic Year of 2010/2011. Unpublished Thesis: IAIN Walisongo.

Zulkarnain. (2010). Statiska Penelitian. Pekanbaru: Cendekia Insani Pekanbaru.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.2992

Article Metrics

Sari view : 96 times
PDF - 84 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter