PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X DPIB SMK NEGERI 1 BATIPUH

Laila Fitri Refina

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi minat siswa dalam menulis puisi masih rendah ini dapat dilihat dari nilai sebelumnya yang masih banyak belum mencapai KKM. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuansiswa dalam merangkai kata demi kata, kata-kata yang dipergunakan siswa masih kaku, siswa cenderung malu mengutarakan ide mereka dalam sebuah puisi. Guru dalam menerangkan pembelajaran lebih konvensional, interaksi tatap muka, sehingga pemahaman siswa tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi menggunakan metode pembelajaran Problem Solving Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 1 Batipuh. Indikator yang diteliti yaitu diksi, pengimajian, dan kata konkret.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam mengolah data penelitian ini yaitu metode Eksperimen. Jumlah sampel penelitian 22 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, instrumen penelitian yaitu lembaran tes unjuk kerja. Teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara: (1) melakukan observasi, (2) memahami kurikulum, (3) menyusun atau merancang skenario pembelajaran, (4) menyusun rubrik penilaian, (5) melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP, dan (6) melaksanakan tes unjuk kerja menulis puisi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh metode problem solving tepat secara signifikan terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Batipuh. Dengan demikian metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis puisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode problem solving siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Batipuh, secara keseluruhan tergolong baik. Hal itu terlihat pada nilai rata-rata siswa sebagai berikut: (1) rata-rata nilai menulis puisi dengan memperhatikan aspek diksi adalah 90, (2) rata-rata nilai menulis puisi dengan memperhatikan aspek pengimajian adalah 72, (3) rata-rata nilai menulis puisi dengan memperhatikan aspek kata konkret adalah 70. Rata-rata nilai keterampilan menulis puisi siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Batipuh setelah menggunakan metode problem solving secara keseluruhan adalah 79 dengan kualifikasi baik.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter