JENIS-JENIS TUMBUHAN PAKAN PRIMATA DI LEMBAH ANAI KABUPATEN TANAH DATAR PROVINSI SUMATERA BARAT

Ennia Jefsykinov, Yumarni Yumarni, Fauzan Fauzan

Sari


Indonesia merupakan negara keanekaragaman hayati yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna, terdapat 60 jenis primata yang ada di Indonesia. Primata merupakan salah satu fauna arboreal di hutan yang memiliki arti penting bagi kehidupan alam. Sumber pakan primata di alam dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu bagian vegetatif, bagian reproduksi, dan hewan. Dalam hal ini dapat berupa daun, buah dan beberapa bagian tumbuhan seperti umbi-umbian. Penelitian ini dilakukan di Lembah Anai pada bulan Juni sampai Juli 2020 dengan menggunakan metode simple random sampling pada 3 jalur pengamatan dengan 15 plot. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan 8 jenis tumbuhan pakan primata yaitu tarok (Artocarpus elasticus), rambai hutan (Baccaurea brevipes), mandarahan (Horsfieldia irya), kemang (Mangifera kemanga), hutan cubadak (Artocarpus integer), sawo duren (Chrysophyllum cainito)), mahang (Macaranga gigantea), rambai (Baccaurea motleyana). Kesimpulan dari penelitian ini adalah jenis tumbuhan pakan primata yang mendominasi dari ketiga jalur pengamatan adalah tarok (Artocarpus elasticus) dan mandarahan (Horsfieldia irya).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anshori Muslich dan Iswati Sri. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Airlangga University Press. Surabaya.

Bismark M. 1993. Ekologi Makan Primata. Program Studi Pengelolaan Satwa Liar. Pasca Sarjana. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Musfaidah Rifki. 2019. Karakteristik Vegetasi Pakan Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) pada Daerah Jelajah di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati. Universitas PGRI Semarang. Semarang.

Violita Cindy Yoeland, Setiawan Agus, Rustiati Elly Lestari. 2015. Ukuran Kelompok Simpai (Presbytis melalophos) di Hutan Desa Cugung Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung Model Gunung Rajabasa Lampung Selatan. Bandar Lampung.

Wanda Kuswanda dan Barus Sriyanti Puspita. 2017. Keanekaragaman dan Penetapan Umbrella Species Satwaliar di Taman Nasional Gunung Leuser. Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Banda Aceh.

Whitten, A. J. 1984. Ekologi Ekosistem Sumatera. Gadjah Mada University Press.Yogyakarta.

Wilson, C. C. dan W. L Wilson. 1975. The Influence of Selective Logging on Primates and Some Other Animal in East Kalimantan Folia Primates. Folia Primatologica23 (4): 245-27.


Article Metrics

Sari view : 123 times
PDF - 114 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Diterbitkan oleh Fakultas Kehutanan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Jl. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah - Padang - Sumatera Barat