POTENSI DAN PEMANFAATAN HASIL HUTAN BUKAN KAYU (HHBK) DI HUTAN PENDIDIKAN FAKULTAS KEHUTANAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT

Putri Feronia, Desyanti Desyanti, Susilastri Susilastri

Sari


Penelitian dilakukan pada bulan November 2020 sampai dengan bulan Desember 2020 di Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) yang bertempat di Institut Nasional Sjafei (INS) Kayutanam Nagari Kayutanam Kecamatan 2 x 11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Objek yang diteliti berupa Hasil Hutan Bukan Kayu yang terdapat di lokasi tersebut dengan tujuan mengetahui potensi serta pemanfaatan HHBK oleh masyarakat sekitar dengan melakukan survey awal dan dilanjutkan dengan observasi lapangan menggunakan teknik Purposive Sampling dengan membuat plot berukuran 20x20 m untuk tingkat pohon, 10x10 m untuk tingkat tiang, 5x5 m untuk tingkat pancang, 2x2 m untuk tingkat semai sebanyak 50 plot dalam 5 jalur dan dilanjutkan dengan metode wawancara dimana respondennya berjumlah 6 orang yaitu masyarakat sekitar dan guru yang berada di Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan UMSB sebagai responden. HHBK ditemukan sebanyak 26 jenis kemudian dikelompokkan menjadi 9 kelompok berdasarkan Peraturan Menteri Kehutanan No: P.35/Menhut-II/2007 tentang HHBK yaitu kelompok Buah-buahan, Bahan obat, Bahan pewarna, Tanaman hias, Minyak atsiri, Tanin, Getah, Pati dan Palma. HHBK tersebut terdiri dari 18 famili diantaranya 14 jenis untuk pohon, 8 jenis untuk tiang, 8 jenis untuk pancang dan 14 jenis untuk semai. Famili Melastomaceae adalah yang  paling banyak ditemukan yaitu pada tingkat semai dengan jumlah 90 individu. Dari 26 jenis yang ditemukan hanya 6 jenis saja yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar yang terdiri dari 3 kelompok yaitu kelompok Buah-buahan, Obat dan Tanaman hias.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Indriyanto. 2005. Ekologi Hutan. Bumi Aksara. Jakarta.

Indriyanto. 2006. Ekologi Hutan. Bumi Aksara. Jakarta.

Sari D N, Fitra W, Maulida A M dan Muslich H. 2018. Analisis Vegetasi Tumbuhan Dengan Metode Transek (Line Transect) di Kawasan Hutan Deudap Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Biologi FTK UIN. Banda Aceh.

Supriadi P. 2003. Prospek Pengelolaan Jasa Lingkungan dan Hasil Hutan bukan Kayu dalam Mendukung Kebijakan Soft Landing Pengelolaan Hutan. Makalah Seminar Nasional Himpunan Alumni – IPB dan HAPKA Fakultas Kehutanan IPB. Wilayah Regional Sumatera. Medan.


Article Metrics

Sari view : 150 times
PDF - 102 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Diterbitkan oleh Fakultas Kehutanan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Jl. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah - Padang - Sumatera Barat